Doa Setelah Sholat Tahajud Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Selasa, 19 September 2023 - 21:58 WIB
loading...
Doa Setelah Sholat Tahajud Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
Doa setelah sholat Tahajud ini termasuk doa-doa mustajab sebagaimana diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW. Foto/SINDOnews
A A A
Doa setelah sholat Tahajud ini termasuk di antara doa yang dianjurkan Rasulullah ﷺ dibaca ketika qiyamullail (sholat malam). Kandungan doa ini sangat agung karena berisi pujian kepada Allah, pengakuan atas segala karunia-Nya, permohonan ampunan dan rahmat Allah.

Sholat Tahajud merupakan sholat paling utama setelah sholat fardhu 5 waktu. Keutamaan sholat Tahajud disebutkan dalam Al-Qur'an:

وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏

Artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat Tahajjud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra Ayat 79)

Dalam Hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata, sesungguhnya Nabi ﷺ bersabda: "Sholat yang paling afdhal setelah sholat fardhu adalah sholat sunnah malam." (HR Muslim)

Inilah bacaan Doa Sholat Tahajud yang diajarkan Rasulullah sebagaimana diketengahkan dalam riwayat Al-Bukhari. Doa ini juga terdapat dalam Kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi.

اَللّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allohumma Robbanaa lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu, Anta qoyyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu Anta Robbus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu laka Mulkussawaati wal Ardhi wa man Fiihinna. Wa lakal hamdu Anta malikussawaati wal ardhi. Wa lakal hamdu, Antal haq, wa wa'dukal haq, wa qoulikal haq, wa liqoo-ukal haq, wal jannatu haq, wan naaru haq, wannabiyyuna haq, wa Muhammadun haq, was saa'ata haq. Allohumma laka aslamtu, wa 'alaika tawakkaltu, wa bika aamantu, wa ilaika anabtu, wa bika khooshomtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu wa maa akh-khortu wa maa asrortu wa maa a'lantu, Antal muqoddimu wa Antal muakhkhiru, Anta ilaahi, laa ilaaha illaa Anta. Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Terjemahan: "Ya Allah Ya Tuhan kami! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau. Tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan Allah."

Waktu Paling Utama Mengerjakan Sholat Tahajud
Adapun waktu paling afdhol (utama) mengerjakan sholat Tajahud adalah di waktu sepertiga malam terakhir. Hal ini berdasarkan Hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, sesungguhnya Nabi ﷺ bersabda: "Allah Tabaaraka wa ta'aala turun ke langit dunia ketika waktu sepertiga malam yang akhir dan berkata: "Siapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku beri dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Waktu sepertiga malam terakhir adalah rentang waktu antara Pukul 01.00 dinihari hingga waktu fajar (Subuh). Adapun sepertiga malam pertama yaitu setelah sholat Isya hingga Pukul 22.00 WIB atau jam 10 malam. Sepertiga malam kedua berkisar antara pukul 10 malam hingga pukul 01.00 dinihari.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)