Muslim Wajib Tahu! Ini 7 Dosa yang Dapat Membinasakan Manusia

Selasa, 19 September 2023 - 23:59 WIB
loading...
Muslim Wajib Tahu! Ini 7 Dosa yang Dapat Membinasakan Manusia
Umat Islam wajib menjauhi tujuh perkara dosa besar supaya selamat dunia dan akhirat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Rasulullah ﷺ pernah menyampaikan nasihat kepada para sahabat. Beliau mengingatkan agar menjauhi tujuh perkara dosa yang dapat membinasakan manusia.

Tujuh perkara ini termasuk dosa besar yang wajib dijauhi umat Islam. Berikut sabda beliau dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim:

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمَا هُنَّ ؟ لشِّرْكُ بِاللَّهِ ، وَالسِّحْرُ ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَأَكْلُ الرِّبَا ، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ ، وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ

Artinya: "Jauhilah oleh kalian 7 hal yang membinasakan." Maka para sahabat bertanya: "Ya Rasulullah , apa 7 hal tersebut?" Maka Nabi yang mulia mengatakan: (1) Dosa kesyirikan kepada Allah, (2) Dosa sihir, (3) Dosa membunuh seorang jiwa yang diharamkan oleh Allah Ta'ala melainkan dengan alasan yang hak, (4) Dosa memakan harta riba, (5) Dosa memakan harta anak yatim, (6) Dosa berpaling dari medan perang dan (7) Dosa menuduh seorang wanita muslimah yang terhormat dengan tujuan yang keji (zina)." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam satu kajian Ustaz Rikza Maulan menjelaskan tujuh perkara membinasakan ini:

1. Syirik
Yaitu menyekutukan Allah Ta'ala dengan menyembah sesuatu selain Allah. Atau menganggap ada yang dapat memberikan keselamatan atau kebaikan selain Allah Ta'ala. Seperti meyakini benda-benda yang dianggap keramat dan sebagainya.

2. Sihir
Sihir sering diidentikkan dengan guna-guna, tenung dan sejenisnya. Perbuatan ini termasuk dalam kategori syirik kepada Allah karena umumnya dilakukan dengan menggunakan perantara dukun. Orang yang mendatanginya saja dapat menyebabkan tidak diterimanya salat selama 40 hari.

3. Membunuh Jiwa yang Diharamkan Allah Tanpa Haq
Membunuh tanpa haq baik karena motivasi dendam, merampas harta, solidaritas pertemanan, dan sebagainya termasuk dosa besar. Dalam Islam, hukuman bagi pembunuh adalah qishas, yaitu dihukum mati. Inilah gambaran betapa besarnya dosa membunuh.

4. Memakan Riba
Contohnya mengambil bunga dari penyimpanan uang atau tabungan, deposito di bank konvensional, hasil klaim dari asuransi konvensional, hasil investasi dari saham, reksadana yang non syariah, dan sebagainya.

5. Mengambil atau Memakan Harta Anak Yatim
Baik harta anak yatim peninggalan dari orang tuanya, maupun hasil pemberian orang lain. Masuk dalam kategori ini, "menjual" nama anak yatim untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

6. Berpaling dari Medan Perang Tanpa Alasan Syar'i
Artinya seseorang sengaja lari dan menghindar dari medan perang baik pertempuran dalam makna peperangan fisik, maupun dalam makna yang lain, seperti meninggalkan medan dakwah, atau meninggalkan perjuangan Islam lainnya.

7. Menuduh Wanita Muslimah Salihah Berbuat Zina
Karena dengan menuduhnya betarti ia telah mencederai kehormatannya dan menfitnahnya dengan keji. Dalam Islam, menuduh zina harus disertai dengan 4 orang saksi yang benar-benar melihat langsung perbuatan zina tersebut. Jika tidak bisa mendatangkan saksi, maka si penuduh tidak akan pernah diterima persaksiannya seumur hidupnya.

Itulah 7 perkara dosa yang dapat membinasakan seseorang. Umat Islam wajib menjauhi perkara ini agar selamat dunia akhirat. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2336 seconds (0.1#10.140)