6 Contoh Teks Ceramah Maulid Nabi, Lengkap dengan Dalilnya

Rabu, 27 September 2023 - 12:20 WIB
loading...
A A A
Sebagaimana yang kita tahu, Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang Allah utus untuk membimbing kita umatnya, agar mengenal Islam dan terbebas dari zaman jahiliyah. Tak ada yang bisa mengelak bagaimana mulianya akhlak Rasulullah.

Adapun memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, termasuk perkara yang membesarkan dan memuliakan baginda. Sehingga, bagi setiap orang yang merayakan dan memperingatinya akan Insya Allah mendapatkan kejayaan di dunia dan akhirat. Seperti firman Allah pada surah Al-’Araf ayat 157:

الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوباً عِندَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالإِنْجِيلِ يَأْمُرُهُم بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَآئِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالأَغْلاَلَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ فَالَّذِينَ آمَنُواْ بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُواْ النُّورَ الَّذِيَ أُنزِلَ مَعَهُ أُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ -١٥٧


Artinya: “(Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakanmu, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (al-Quran), mereka itulah orang-orang beruntung.” (Q.S. al-A’raf: 157).

Nabi Muhammad merupakan merupakan sosok yang sangat mulia, dengan akhlak yang beliau ajarkan kepada para sahabat, keluarga, hingga umat Islam di seluruh dunia.

Sehingga, sebagai pengikutnya, kita harus berperilaku sebagai muslim yang baik dengan membawa citra Islam sebagai agama Rahmatan Lil Alamin.

Masya Allah, semoga kita selalu menjadi umat yang mencintai Allah, Rasulullah, dan mengamalkan ajaran Islam. Semoga kelak kita dapatkan syafaat dari beliau.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian ulasan singkat tentang contoh teks ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW.

(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)