Doa Dijauhkan Api Neraka, Yuk Amalkan!

Minggu, 08 Oktober 2023 - 10:47 WIB
loading...
Doa Dijauhkan Api Neraka, Yuk Amalkan!
Doa-doa agar dijauhkan dari api neraka ini penting diamalkan karena setiap manusia pasti memiliki dosa dan kesalahan yang ganjarannya siksa neraka, karena itu kita mohon kepada Allah agar dijauhkan dari siksa api neraka. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Doa agar dijauhkan dari api neraka ini, penting dipahami dan diamalkan setiap muslim karena doa ini dapat membantu kita berlindung dari siksa api neraka. Kenapa harus diamalkan? Karena setiap manusia pasti pernah berbuat dosa, dan akan dihitung serta hukumannya berupa siksa api neraka.

Al Qur'an sebagai pedoman hidup telah banyak menggambarkan betapa menakutkannya api neraka. Untuk itulah, kita berdoa agar dijauhkan dari siksaan api neraka ini.

Berikut doa- doa -nya yang bersumber dari Al Qur'an dan hadis Nabi Shalllallahu alaihi wa sallam:

Doa 1

“Robbanashrif annaa adzaaba jahannama, inna adzaa bahaa kaana ghoroomaa”.

Artinya: Ya Rabb kami, jauhkan azab jahannam dari kami. Sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal” (QS. Al-Furqan 65)

Doa 2

Rabbana atina fid-dun-ya hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qina ‘azaban-nar”.

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka. ((QS Al Baqarah: 201).

Doa 3

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ يَدْعُو بِهَؤُلاَءِ الْكَلِمَاتِ « اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ

وَمِنْ شَرِّ الْغِنَى وَالْفَقْرِ».رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِي وَقَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ وَهَذَا لَفْظُ أَبِيْ دَاوُدَ


Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa dengan kalimat-kalimat ini, “ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN FITNATIN NAAR WA ‘ADZAABIN NAAR, WA MIN SYARRIL GHINAA WAL FAQR

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah (ujian di) neraka dan azab neraka, serta dari keburukan kekayaan dan kefakiran." (HR. Abu Daud, Tirmidzi. Ia berkata bahwa hadits ini hasan sahih. Lafaznya adalah lafaz Abu Daud) [HR. Abu Daud, no. 1543; Tirmidzi, no. 3495; Ibnu Majah, no. 3838. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih, perawinya tsiqqah].

Boleh juga menggunakan doa versi pendek :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ


Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a’uudzu bika minan-naar

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.“

Doa tersebut diriwayatkan dalam HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)