Keutamaan Membaca Sholawat Ketika Berjabat Tangan

Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:37 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Sholawat Ketika Berjabat Tangan
Dua muslim yang bertemu lalu berjabat tangan dan membaca Sholawat maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan akan datang. Foto ilustrasi/dok umroh
A A A
Keutamaan membaca sholawat ketika berjabat tangan dengan sesama muslim ternyata dapat menggugurkan dosa-dosa yang telah lalu. Sholawat merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Rasulullah ﷺ pernah bersabda: "Siapa yang bersholawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, maka Allah akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan." (HR at-Thabrani, An-Nasai, dan Al-Bazzar)

Keutamaan Berjabat Tangan
Berjabat tangan dengan sesama muslim sangat dianjurkan dalam Islam sebagaimana dijelaskan dalam Hadis berikut:

عَنْ سَلْمَانِ الْفَارِسِيِّ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ، أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:"إِنَّ الْمُسْلِمَ إِذَا لَقِيَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ فَأَخَذَ بِيَدِهِ تَحَاتَّتْ عَنْهُمَا ذُنُوبُهُمَا، كَمَا تَتَحَاتُ الْوَرَقُ مِنَ الشَّجَرَةِ الْيَابِسَةِ فِي يَوْمِ رِيحٍ عَاصِفٍ، وَإِلا غُفِرَ لَهُمَا، وَلَوْ كَانَتْ ذُنُوبُهُمَا مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ" - رواه الطبراني

Dari Salman Al-Farisy, Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya seorang muslim apabila bertemu dengan saudaranya sesama muslim kemudian keduanya berjabat tangan, maka akan gugurlah dosa-dosa keduanya sebagaimana bergugurannya daun-daun kering di hari angin bertiup kencang. Ataupun jika tidak, maka dosa-dosa keduanya akan diampuni walaupun seumpama sebanyak buih di lautan." (HR Turmudzi, Abu Daud dan Ibnu Majah)

Penting diingat, ketika berjabat tangan dianjurkan untuk mengucap Salam. Kemudian etika yang perlu diperhatikan, seorang muslim tidak boleh berjabat tangan dengan lawan jenis yang bukan mahram. Karena Rasulullah ﷺ tidak pernah berjabat tangan dengan wanita kecuali yang terhadap wanita yang menjadi mahram beliau.

Membaca Sholawat Saat Berjabat Tangan
Al-Hafizh As-Sakhawi dalam Al-Qaulul Badi' berkata: "Adapun mengenai membaca Sholawat saat bertemu saudara muslim maka sebagaimana yang diriwayatkan dari Anas radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:

"Tidaklah dua muslim bertemu lalu berjabat tangan dan membaca Sholawat pada Nabi shollallahu 'alaihi wasallam melainkan keduanya tidak berpisah kecuali telah diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang kemudian."

Itulah keutamaan membaca Sholawat ketika berjabat tangan dengan saudara muslim, yaitu dosa-dosanya diampuni baik yang telah lalu dan yang akan datang. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)