Keutamaan Membaca Sholawat 10 Kali pada Waktu Pagi dan Sore

Minggu, 11 Juni 2023 - 17:04 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Sholawat 10 Kali pada Waktu Pagi dan Sore
Keutamaan membaca sholawat 10 kali setiap pagi dan sore dengan ikhlas maka ia akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW atas izin Allah. Foto/ist
A A A
Ada satu amalan yang apabila dibaca pada pagi hari dan sore hari maka ia akan mendapatkan syafa'at (pertolongan) dari Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Selain melebihkan basuhan wudhu, Rasulullah SAW akan mengenali umatnya dari jumlah shalawat yang dibaca untuk beliau.

Keutamaan membaca sholawat 10 kali pada waktu pagi dan petang disebitkan dalam Hadis dari Abu Ad-Darda radhiyallaahu 'anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِينَ يُصْبِحُ عَشْرًا وَحِينَ يُمْسِي عَشْرًا أَدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapatkan syafaatku pada hari Kiamat." (HR. ath-Thabrani)

Keutamaan lain membaca shalawat 10 kali dijelaskan dalam Hadis dari Abu Burdah bin Nayar berikut:

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من صلى علي من أمتي صلاة مخلصا من قلبه، صلى الله عليه بها عشر صلوات، و رفعه بها عشر درجات، و كتب له بها عشر حسنات، و محا بها عشر سيئات

Artinya: "Rasulullah SAW bersabda: 'Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan." (HR at-Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar )

Itulah sekelumit keutamaan membaca shalawat untuk baginda Nabi. Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS Al-Ahzab Ayat 56)

Berikut bacaan Sholawat pendek, yuk amalkan:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli 'alaa Sayyidina Muhammadin wa 'alaa Aali Sayyidina Muhammad.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat (rahmat) kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)