Masortim, Yahudi Jalan Tengah: Umumnya Terpecah

Sabtu, 04 November 2023 - 11:15 WIB
loading...
Masortim, Yahudi Jalan Tengah: Umumnya Terpecah
Masortim juga lebih cenderung memiliki teman-teman Yahudi dari luar kelompok mereka. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Survei Pew Research Center dalam satu penelitiannya menemukan bahwa hampir semua orang Yahudi Israel mengidentifikasi diri mereka dengan salah satu dari empat subkelompok: Haredi (ultra-Ortodoks), Dati (religius), Masorti (tradisional) dan Hiloni (sekuler).

Selain perbedaan keyakinan dan praktik keagamaan, kelompok-kelompok ini juga menghuni dunia sosial yang berbeda-beda dan dicirikan oleh gaya hidup dan politik mereka masing-masing.



Berikut adalah fakta Yahudi Masorti atau Masortim:

Masortim adalah kelompok yang paling beragam dari empat kelompok Yahudi. Mereka mencakup jalan tengah yang besar antara dua kelompok Ortodoks dan Yahudi sekuler.

Sekitar separuh (51%) mengatakan agama cukup penting dalam kehidupan mereka, dibandingkan dengan sangat penting (32%) atau tidak terlalu/tidak penting sama sekali (16%).



Sementara ketiga kelompok Yahudi lainnya seringkali mempunyai pendapat yang kuat di satu sisi atau yang lain mengenai banyak isu yang berkaitan dengan agama dan kehidupan publik, Masortim umumnya lebih terpecah.

Misalnya, meskipun mayoritas anggota Haredim dan Datiim mendukung penutupan transportasi umum pada hari Sabat dan lebih dari sembilan dari sepuluh orang Yahudi Hilonim menentangnya, responden Masorti memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai isu ini (44% mendukung dan 52% menentang).

Masortim juga lebih cenderung memiliki teman-teman Yahudi dari luar kelompok mereka dibandingkan tiga orang lainnya yang, sebagian besar, bersosialisasi dengan anggota komunitas mereka sendiri. Menurut survei yang dilakukan dari waktu ke waktu, persentase penduduk Yahudi Israel mungkin sedikit menurun.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)