3 Hal yang Mengangkat Derajat Seseorang di Sisi Allah

Selasa, 07 November 2023 - 20:19 WIB
loading...
3 Hal yang Mengangkat Derajat Seseorang di Sisi Allah
Kemuliaan di sisi Allah berbeda dengan kemuliaan dalam pandangan manusia. Foto/SINDOnews
A A A
Setiap muslim pasti mendambakan kemuliaan di sisi Allah. Perlu diingat, kemuliaan di sisi Allah berbeda dengan kemuliaan dalam pandangan manusia.

Manusia biasanya memandang manusia karena pangkat dan jabatan, kekayaan dan kekuasaan atau faktor materi lainnya. Namun, tidak demikian dengan Allah Yang Maha Agung. Dia tidak melihat seseorang dari harta dan materi, melainkan ketakwaan dan akhlaknya.

"Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa." (QS Al-Hujurat: 13)

3 Hal yang Mengangkat Derajat Manusia
Berikut tiga hal yang dapat mengangkat derajat seseorang di sisi Allah Ta'ala. Hal ini disampaikan langsung oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ dalam satu Hadis shahihnya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Tidak akan pernah berkurang suatu harta karena sedekah. Dan tidaklah sesoorang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan pasti Allah akan mengangkat derajatnya." (HR Muslim 4689)

Penjelasan:

1. Sedekah yang Ikhlas
Sedekah merupakan amalan yang sangat dicintai Allah. Meskipun secara kasat mata dapat mengurangi harta, namun secara hakikat sedekah tidak akan mengurangi harta, justru akan menambah harta dan melancarkan rezeki. Apalagi jika dilakukan dengan ikhlas mengharap ridha Allah. Inilah salah satu amalan yang dapat menaikkan derajat seseorang di sisi Allah.

2. Memberi Maaf kepada Orang Lain
Memaafkan adalah amalan hati yang sangat mulia. Memberi maaf kepada orang lain bukanlah merendahkan diri kita di hadapan orang lain. Namun secara hakikat, seseorang yang mudah memaafkan orang lain, Allah akan menambah kemuliaannya. Namun dengan syarat hati yang ikhlas dalam memaafkan.

3. Rendah Hati karena Allah
Rendah hati adalah tanda dalamnya keimanan, matangnya kepribadian, dan luhurnya akhlak seseorang. Walau terkadang, rendah hati atau tawadhu' terkesan tidak berdaya atau lemah di hadapan manusia. Namun, orang yang rendah hati karena Allah akan diangkat derajatnya oleh Allah.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4123 seconds (0.1#10.140)