Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 134, Lengkap Penjelasan dan Cara Baca

Sabtu, 25 November 2023 - 14:31 WIB
loading...
A A A
10.
ظِمِيْنَ


Hukum tajwidnya: Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

11.
الْغَيْظَ


Hukum tajwidnya: Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ghain. Dibaca secara jelas.

12.
الْغَيْظَ


Hukum tajwidnya: Mad lin karena huruf ya sukun didahului oleh huruf ghain berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

13. َ
الْعَافِيْنَ


Hukum tajwidnya: Ada dua hukum di sini, pertama alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf 'ain. Dibaca secara jelas. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

14. َ
الْعَافِيْنَ


Hukum tajwidnya: Mad asli atau mad thabi’i karena huruf fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15.
النَّا


Hukum tajwidnya: Ada tiga hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun ). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

16.
وَاللّٰهُ


Hukum tajwidnya: Tafkhim karena lafadz Allah didahului oleh huruf hijaiyah wau berharakat fathah. Cara membacanya tebal.

17.
الْمُحْسِنِيْنَۚ


Hukum tajwidnya: Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.

18.
الْمُحْسِنِيْنَۚ


Hukum tajwidnya: Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Demikian ulasan tentang hukum tajwid dari surat Al Imran ayat 134 lengkap dengan cara bacanya.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)