Doa Baca Yasin 3 Kali Malam Nisfu Syaban

Senin, 04 Desember 2023 - 20:27 WIB
loading...
Doa Baca Yasin 3 Kali Malam Nisfu Syaban
Membaca Surat Yasin 3 kali pada malam Nisfu Syaban termasuk ibadah yang baik dan dibenarkan oleh syariat. Foto/SINDOnews
A A A
Doa baca Yasin 3 kali malam Nisfu Syaban sangat baik diamalkan umat Islam mengingat malam Nisfu Sya'ban dikenal dengan Lailatul Baro'ah. Yaitu malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan.

Sudah menjadi kebiasaan bagi muslim Indonesia setiap pertengahan Syaban yang tinggal 3 bulan lagi, diisi dengan amalan membaca Surat Yasin 3 kali. Dengan tujuan agar umurnya dipanjangkan oleh Allah, rezekinya dimurahkan dan diberi husnul khatimah pada akhir hayatnya.

Membaca Surat Yasin 3 kali pada malam Nisfu Syaban termasuk ibadah yang baik dan dibenarkan oleh syariat. Hal ini dinamakan "At-Tawashul ilallah bil a'maal ash sholihah" yakni bertawasul kepada Allah dengan berkat amal saleh agar Allah mengabulkan doa dan harapan.

Kebolehan amalan ini disepakati para ulama dan banyak dalil yang membenarkannya. Adapun dalil menghidupkan Nisfu Syaban dengan beribadah diriwayatkan Imam At-Thabrani, sebagaimana dishahihkan oleh Imam Ibnu Hibban dari Muadz bin Jabbal bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

يطلع االله إلى جميع خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

Artinya: "Allah memberikan perhatian‐Nya kepada seluruh makhluk‐Nya pada malam Nisfu Sya'ban. Dan Allah mengampuni seluruh makhluk‐Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain."

Tata Cara Doa Baca Yasin 3 Kali Malam Nisfu Syaban
Setiap kali hendak membaca Surat Yasin, kita berniat agar Allah mencurahkan rahmat-Nya dengan sebab keberkahan Surat Yasin tersebut. Sebelum membaca Surat Yasin terlebih dahulu membaca Taawudz, Basmalah, dan Sholawat atas Nabi.

Kemudian berniat 3 kali dengan lafaz di bawah ini, setelah itu baru membaca Surat Yasin:

1. Niat Panjang Umur dalam Taat kepada Allah

الفاتحة و يس بنية طول العمر في طاعة الله وحسن الخاتمة عند الموت

Al-Faatihah wa Yasin binniyati Thulil 'Umuri fii Tho'atillaahi wa husnil-Khotimati 'Indal Mauut.

2. Niat Dijauhkan dari Bala dan Suul Khatimah

الفاتحة و يس بنية دفع البلاء والوباء والأمراض والفتن ما ظهر منها وما بطن وسوء الخاتمة عند الموت

Al-Faatihah wa Yasin binniyati Dafa' Al-Balaa-a wal Wabaa wal-Fitani ma Zhoharo Minha wa maa Bathon wa Suu-il Khatimati 'indal Mauut.

3. Niat untuk Kelapangan Rezeki

الفاتحة و يس بنية الإستغناء عن الناس وتيسير الرزق حلالا كثيرا طيبا مباركا فى الدنيا والأخرة

Al-Faatihah wa Yasin binniyatil Istighnaa 'anin-Naasi wa tayassair Rizqi halaalan Katsiron Thoyyiban Mubarokan Fid-Dunya wal Aakhirah.

Doa Setelah Baca Yasin

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِاَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْهِ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ يَا ذَا الطَّوْلِ وَالْإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الْخَائِفِيْنَ اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبتَنِيْ عِندَكَ فِيْ أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَو مَحرُوْمًا أَوْ مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِّزقِ فَامْحُ مِنْ أُمِّ الْكِتَابِ شَقَاوَتِيْ وَحِرمَانِيْ وَتَقْتِيْرَ رِزْقِيْ وَأَثْبِتْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاء وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَاب. إِلَهِيْ بالتَّجَلِّي الْأَعْظَمِ فِيْ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِكْشِفْ عَنِّيْ مِنَ الْبَلَاءِ مَا أَعلَمُ وَمَا لَا أَعْلَمُ فَاغْفِرْ لِيْ مَا أَنْتَ بِهِ أَعلَمُاَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنْ أَعْظَمِ عِبَادِكَ حَظًّا وَنَصِيْبًا فِيْ كُلِّ شَيْءٍ قَسَمْتَهُ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ مِنْ نُوْرٍ تَهْدِي بِهِ، أَوْ رَحْمَةٍ تَنْشُرُهَا، أَوْ رِزْقٍ تَبْسُطُهُ، أَوْ فَضْلٍ تَقْسِمُهُ عَلَى عِبَادِكَ الْمُؤْمِنِيْنَ، يَا اَللهُ يَا اَللهُ يَا اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ.اَللَّهُمَّ هَبْ لِيْ قَلْبًا تَقِيًّا نَقِيًّا مِنَ الشِّرْكِ بَرِيًّا، لَا كَافِرًا وَلَا شَقِيًّا، وَقَلْبًا سَلِيْمًا خَاشِعًا ضَارِعًا. اَللَّهُمَّ امْلأْ قَلْبِيْ بِنُوْرِكَ وَأَنْوَارِ مُشَاهَدَتِكَ وَجَمَالِكَ وَكَمَالِكَ وَمَحَبَّتِكَ وَعِصْمَتِكَ وَقُدْرَتِكَ وَعِلْمِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Ya Allah Tuhanku pemilik nikmat, tiada ada yang bisa memberi nikmat atas-Mu. Ya Allah pemilik kebesaran dan kemuliaan. Ya Allah Tuhanku pemilik kekayaan dan pemberi nikmat. Tidak ada yang patut disembah hanya Engkau. Engkaulah tempat bersandar. Engkaulah tempat berlindung dan pada Engkau pula tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan. Ya Allah Tuhanku, jika sekiranya Engkau telah menulis dalam buku besar-Mu bahwa aku adalah orang yang tidak celak, atau terhalang dari nikmat-Mu, atau orang yang dijauhkan, atau orang yang disempitkan dalam mendapat rezeki, maka aku memohon dengan karunia-Mu, semoga kiranya Engkau pindahkan aku ke dalam golongan orang-orang yang berbahagia, mendapat keluasan rezeki serta diberi petunjuk kepada kebajikan. Sesungguhnya Engkau telah berkata dalam kitab-Mu yang telah diturunkan kepada Nabi yang telah Engkau utus, dan perkataan-Mu adalah benar, yang berbunyi: Allah mengubah dan menetapkan apa-apa yang dikehendaki-Nya dan pada-Nya sumber kitab. Ya Allah, dengan tajalli yang Maha Besar pada malam Nisfu Sya'ban yang mulia ini, Engkau tetapkan dan Engkau ubah sesuatunya, maka aku memohon semoga kiranya aku dijauhkan dari bala bencana, baik yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui, Engkaulah yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi. Dan aku selalu mengharap limpahan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2869 seconds (0.1#10.140)