Kisah Penaklukan Baitul Maqdis, Haekal: Bukan Dilakukan Abu Ubaidah

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:48 WIB
loading...
A A A
Panglima Perang Romawi, Atrabun, dikisahkan menarik diri begitu ada berita tentang perjalanan mereka ke sana, dan bahwa Uskup Agung Severmus tak lama setelah Amr bin As sampai di tembok kota ia mengutus orang untuk mengadakan perdamaian dengan permintaan agar dihadiri oleh Amirulmukminin dan dia sendiri yang membuat perjanjian itu.

"Kita sudah melihat bagaimana kota itu sepanjang sejarah mengadakan perlawanan menghadapi setiap penyerbuan. Bagaimana ia mengadakan perlawanan terhadap Persia dua puluh tahun sebelum kedatangan Muslimin ke sana," tulis Haekal.

Tatkala itu Persia telah mendapat kemenangan dalam Perang dengan pihak Romawi di Syam dan di tempat-tempat lain, seperti kemenangan yang diperoleh pihak Muslimin dalam melawan mereka di Yarmuk, Damsyik, Fihl dan Ajnadain.

Pihak Persia tak dapat menaklukkan kota suci itu tanpa ada perlawanan. Jadi wajar sekali pihak Muslimin pun akan mendapat perlawanan seperti yang dialami Persia.

Haekal mengatakan wajar saja dalam keadaan demikian ia akan mengadakan perlawanan terhadap pasukan Muslimin seperti halnya terhadap pasukan Persia, dan akan mempercayai cerita yang mengatakan bahwa mereka mengepungnya selama berbulan-bulan sebelum meminta damai, dan akan menggugurkan pendapat yang mengatakan bahwa kota itu menyerah dengan damai tanpa perlawanan.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2582 seconds (0.1#10.140)