Genosida Israel: Profesor Ini Bilang Warga Palestina Jadi Korban Supremasi Yahudi

Rabu, 20 Desember 2023 - 08:50 WIB
loading...
A A A
Mengingat sejarah kekejaman Israel yang mengerikan terhadap warga Palestina, terutama mereka yang berada di kamp konsentrasi Gaza yang telah mengalami manifestasi paling kejam selama hampir dua dekade, banyak komentator yang memberikan berbagai analogi untuk mengutuk atau menjelaskan apa yang terjadi pada tanggal 7 Oktober.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan The New Yorker, sejarawan Palestina-Amerika Rashid Khalidi, yang menjabat sebagai penasihat Organisasi Pembebasan Palestina di Madrid dan Washington pada awal tahun 1990an tentang cara menegosiasikan apa yang disebut “proses perdamaian” di Kissingerian, mengutuk perlawanan Palestina: “Jika gerakan pembebasan penduduk asli Amerika datang dan melancarkan R.P.G. di gedung apartemenku karena aku tinggal di tanah curian, apakah itu bisa dibenarkan?”

Dia menegaskan: “Tentu saja hal itu tidak bisa dibenarkan… Anda bisa menerima hukum humaniter internasional atau tidak.”

Namun analogi Khalidi yang menuai kritik terhadap X ternyata keliru. Seandainya warga Palestina yang terjajah di Israel membom orang-orang Yahudi Israel yang kini tinggal di tanah curian mereka, analogi dengan penduduk asli Amerika mungkin ada gunanya.

Meski begitu, hal ini akan mengingatkan kembali pada representasi penduduk asli Amerika yang rasis dalam “Deklarasi Kemerdekaan” AS sebagai “orang-orang Indian Savage yang kejam dan dikenal dengan aturan peperangan yang menghancurkan segala usia, jenis kelamin, dan kondisi, seperti yang dibalas oleh sarjana dan aktivis Nick Estes dari organisasi penduduk asli Amerika, Red Nation.

Dengan analogi yang berbeda, sejarawan Yahudi Amerika Norman Finkelstein, yang orang tuanya adalah penyintas kamp konsentrasi, menyamakan perlawanan Palestina dengan narapidana Yahudi yang keluar dari kamp konsentrasi dan “mendobrak gerbang”. Ia menambahkan, ibunya sendiri mendukung pemboman tanpa pandang bulu terhadap warga sipil Jerman di Dresden. Banyak analogi lain termasuk revolusi Haiti dan pemberontakan budak Nat Turner.



Sementara itu, tidak ada seorang pun yang dapat memberikan analogi mengenai dukungan besar-besaran yang diberikan masyarakat Israel terhadap pemusnahan warga Palestina di Gaza. Menurut jajak pendapat Institut Demokrasi Israel dan Indeks Perdamaian Universitas Tel Aviv yang diambil lebih dari sebulan setelah dimulainya pemboman besar-besaran Israel di Gaza yang saat itu telah menewaskan ribuan orang, “57,5 persen warga Yahudi Israel mengatakan bahwa mereka yakin IDF juga memanfaatkan hal tersebut. hanya ada sedikit senjata di Gaza, 36,6 persen mengatakan IDF menggunakan jumlah senjata yang sesuai, sementara hanya 1,8 persen yang mengatakan mereka yakin IDF menggunakan terlalu banyak senjata.”

Namun, dibandingkan menggunakan analogi nyata atau fiksi, perlawanan Palestina terhadap kolonialisme pemukim Israel harus selalu ditempatkan dalam sejarah perjuangan anti-kolonial yang mendahuluinya. Kemarahan rasis yang baru-baru ini terjadi di Barat dan perang genosida Israel terhadap warga Palestina yang ditawan merupakan kelanjutan dari garis keturunan kolonial ini.

Warga Etiopia, Zulus, Sudan, dan Zimbabwe adalah beberapa dari mereka yang kehilangan puluhan ribu jiwa akibat supremasi kulit putih dan kolonialisme pemukim. Penduduk asli Aljazair, Tunisia, Mozambik, Angola, dan Afrika Selatan, apalagi Vietnam, Kamboja, dan Laos, juga telah kehilangan jutaan dolar dalam perjuangan mereka antara tahun 1954 dan 1994.

Selama 140 tahun terakhir, dan lebih dramatis lagi dalam 75 tahun terakhir, penduduk asli Palestina juga telah menjadi korban dari warisan kolonialisme pemukim Eropa yang didasarkan pada supremasi Yahudi dan pembelaan “peradaban barat”.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)