Houthi: Pendukung Tuhan dari Yaman di Laut Merah

Rabu, 17 Januari 2024 - 18:59 WIB
loading...
A A A
“Kami telah menekankan kepada semua orang bahwa operasi [Houthi] adalah untuk mendukung rakyat Palestina di Jalur Gaza, dan bahwa kami tidak bisa berpangku tangan dalam menghadapi agresi dan pengepungan,” kata kepala perunding dan juru bicara Houthi, Mohammed Abdulsalam kepada Al Jazeera.

Houthi juga mengatakan mereka akan terus menyerang kapal-kapal yang terkait dengan Israel bahkan setelah serangan AS dan Inggris di Yaman pada hari Kamis.

“Mereka salah jika mengira akan menghalangi Yaman untuk mendukung Palestina dan Gaza,” tulis Abdulsalam secara online. “Penargetan kelompok ini akan terus mempengaruhi kapal-kapal Israel atau mereka yang menuju pelabuhan Palestina yang diduduki,” tulisnya.

Kelompok ini juga menuntut agar Israel mengizinkan peningkatan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Namun para analis juga mengatakan bahwa serangan membantu Houthi dengan cara lain. Di dalam negeri di Yaman, kelompok ini mengalami peningkatan tajam dalam perekrutan, berkat dukungan masyarakat terhadap masyarakat Gaza.



Serangan-serangan tersebut, dan tanggapan dari negara-negara besar seperti AS, juga memaksa negara-negara dan pemerintah-pemerintah lain untuk bernegosiasi dengan mereka, sehingga memberi mereka legitimasi de facto pada saat mereka tidak secara resmi diakui secara internasional sebagai pemerintah Yaman.

Laut Merah dan Terusan Suez menyumbang 30 persen lalu lintas kapal kontainer dunia dan sejak terjadinya serangan, beberapa perusahaan pelayaran mengatakan mereka akan mengalihkan kapal melintasi Afrika.

Akankah eskalasi terbaru ini berdampak pada perdamaian Yaman yang rapuh?

Para analis mengatakan bahwa serangan Houthi terhadap kapal-kapal Laut Merah dapat mengancam perdamaian di Yaman, terutama karena perundingan gencatan senjata setelah perang selama satu dekade tampaknya mulai mendapatkan momentum.

PBB mengumumkan pada akhir Desember bahwa kemajuan serius telah dicapai dalam negosiasi, namun para ahli memperingatkan bahwa aktivitas Houthi di Laut Merah dapat menggagalkan kesepakatan akhir. Mereka menjelaskan bahwa serangan dapat memicu respons militer AS yang pada gilirannya dapat “mengurai kondisi gencatan senjata yang rapuh”.



Beberapa analis juga khawatir bahwa Houthi mungkin tergoda untuk menggunakan jumlah mereka yang besar – karena meningkatnya perekrutan – untuk memperluas ambisi mereka. Dalam beberapa pekan terakhir, Houthi telah mengerahkan 50.000 tentara di sekitar Marib, benteng terakhir pemerintah Yaman yang diakui secara internasional.

Namun analis lain berpendapat bahwa Houthi mungkin juga ingin menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Arab Saudi, sebuah faktor yang dapat menghambat mereka melakukan tindakan apa pun yang meningkatkan ketegangan di Yaman.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3164 seconds (0.1#10.140)