Hizbut Tahrir Dilarang di Inggris Gara-gara Demonstrasi Mendukung Palestina

Senin, 22 Januari 2024 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Hamas juga merupakan kelompok terlarang di Inggris. Sayap bersenjatanya, Brigade al-Qassam, telah dilarang sejak tahun 2001, sementara sayap politiknya dilarang pada tahun 2021.

Menanggapi larangan tersebut, cabang kelompok tersebut di Inggris mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka “sepenuhnya menyangkal gagasan bahwa kelompok tersebut antisemit atau mendorong terorisme”. Dikatakan pihaknya berencana untuk menentang tindakan tersebut secara hukum.

Puluhan Imam dan cendekiawan Muslim dari “berbagai aliran pemikiran” di Inggris juga mengeluarkan surat terbuka yang mengecam pelarangan Hizbut Tahrir oleh pemerintah.

Masjid dan Kampus

Selama akhir tahun 1990an dan 2000an, Hizbut Tahrir menjadi tokoh utama di banyak masjid dan kampus universitas di Inggris.

Seringkali terjadi perpecahan pendapat dalam komunitas Muslim, kelompok ini bentrok dengan kelompok Muslim lain yang aktif secara politik mengenai isu-isu seperti memberikan suara dalam pemilu, yang menurut mereka dilarang atau haram untuk dilakukan oleh umat Islam.

Khadijah Elshayyal, seorang akademisi di Universitas Edinburgh, menjelaskan bahwa Hizbut Tahrir berperan dalam mempolitisasi umat Islam karena “kritiknya terhadap warisan kolonial Inggris (dan Barat) dan neo-kolonialisme”.

“Bersama dengan spektrum suara lainnya, HT memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran politik di kalangan generasi muda Muslim dalam bahasa Inggris, mendorong mereka untuk merasakan rasa keterhubungan dan kewajiban dengan umat Muslim,” kata Elshayyal.



“Pendekatannya sering kali lebih keras dan provokatif, khususnya pada tahun 1990an, namun seperti semua gerakan lainnya, ia melewati fase-fase dan interaksinya dengan isu-isu global dan domestik disesuaikan dengan realitas yang berubah.

“Meski masih legal di Inggris, namun sudah lama dilarang beroperasi secara terbuka di universitas dan kampus, dan sebagian besar masjid tidak akan menoleransi kehadiran terorganisir di lingkungan mereka.”

Selama beberapa tahun, baik pemerintahan Partai Buruh maupun Konservatif telah mencari cara untuk melarang atau membatasi kegiatan Hizbut Tahrir.

Di bawah kepemimpinan Cameron, Partai Konservatif gagal melarang kelompok tersebut setelah mengkritik Blair karena gagal melakukan hal tersebut.

Para sekutu pemerintah, termasuk William Shawcross, peneliti senior di Policy Exchange yang menulis tinjauan pemerintah mengenai strategi Pencegahan yang kontroversial, dan Robin Simcox, komisaris pemerintah untuk melawan ekstremisme, juga menyerukan agar kelompok tersebut dilarang sebagai bagian dari tindakan keras terhadap kelompok Islam politik tersebut.

Dalam debat singkat parlemen hari Kamis di House of Commons yang hampir kosong, Tom Tugenhadt, menteri keamanan, berterima kasih kepada Simcox, yang menurutnya telah menjadi "suara yang sangat penting" dalam perdebatan seputar ekstremisme.



Mengomentari dukungan yang ditunjukkan terhadap tindakan tersebut oleh anggota parlemen pemerintah dan oposisi selama debat tersebut, Muhammad Rabbani, direktur Cage International, yang mengadvokasi komunitas Muslim yang terkena dampak kebijakan kontra-terorisme, mengatakan: “Partai-partai politik di seluruh dunia telah menunjukkan bahwa mereka tidak dapat dipercaya untuk melindungi kebebasan mendasar.”

Lereng Licin

Larangan terhadap suatu kelompok bersifat “politis”, kata Elshayyal, yang mencatat bahwa konteks perang Gaza memainkan peran penting dalam membantu pemerintah mengklasifikasikan Hizbut Tahrir sebagai kelompok teroris.

“Pelarangan adalah sebuah perangkat yang sangat politis dan sering kali dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang arah suatu pemerintah dan sikap politiknya dibandingkan dengan ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok atau individu mana pun,” kata Elshayyal.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)