Hizbut Tahrir Dilarang di Inggris Gara-gara Demonstrasi Mendukung Palestina

Senin, 22 Januari 2024 - 05:15 WIB
loading...
A A A
“Pelarangan HT merupakan sinyal bagi masyarakat sipil Inggris-Muslim bahwa menyusutnya parameter aktivisme politik yang diizinkan, dan khususnya perbedaan pendapat mereka terhadap arah perjalanan politik yang berlaku, terus berlanjut.”

“Konsep HT adalah dunia Muslim harus dipersatukan melalui kekhalifahan. Industri kontra-ekstremisme telah lama menggambarkan konsep-konsep Islam – seperti kekhalifahan, ummah, jihad – sebagai istilah yang merendahkan dan mengkriminalisasi. Hal ini ditampilkan sebagai indikator kecenderungan radikal dan ketidaksetiaan terhadap negara, khususnya ancaman terhadap keamanan negara.”



Hamid memiliki kekhawatiran yang sama dengan Elshayyal bahwa larangan tersebut dapat menyebabkan “lereng licin” bagi kelompok masyarakat sipil Muslim lainnya yang menghadapi pembatasan serupa.

“Hal ini dapat membuka pintu bagi pelarangan organisasi Islam yang vokal dan kelompok hak asasi manusia yang mengadvokasi perjuangan Palestina dengan dalih mencegah terorisme dan antisemitisme,” kata Hamid.

“Larangan ini dapat terjadi melalui konten media sosial yang diproduksi oleh kelompok-kelompok tersebut atau materi yang ditampilkan pada pawai dan demonstrasi mereka.

“Pemerintah ini telah menunjukkan ketidaksukaannya terhadap kelompok advokasi terkemuka seperti Cage, Mend, Asosiasi Muslim Inggris, dan Komisi Hak Asasi Manusia Islam dan telah mencoba mendiskreditkan mereka karena mereka menentang kebijakan Pencegahan.

“Larangan terhadap HT akan berdampak buruk pada kebebasan sipil dan akan membungkam oposisi terhadap arah otoriter yang tampaknya diambil oleh negara.”

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)