Genosida Israel di Gaza: 50.000 Ibu Hamil Menjadi Korban

Kamis, 25 Januari 2024 - 16:06 WIB
loading...
Genosida Israel di Gaza: 50.000 Ibu Hamil Menjadi Korban
45.000 Wanita hamil dan 68.000 wanita menyusui di Gaza tidak memiliki cukup makanan. Foto/Ilustrasi: PressTV/al Jazeera
A A A
Udara dipenuhi bau asap pekat dan suara ledakan bergema melalui dinding tempat penampungan sementara, ketika seorang wanita muda, dengan wajahnya memancarkan kekhawatiran dan ketakutan, menanggung rasa sakit yang luar biasa saat melahirkan di reruntuhan.

Menggeretakkan gigi dan memejamkan mata, wanita itu mengerahkan setiap kekuatan fisik dan spiritualnya untuk membawa kehidupan baru ke dunia di tengah puing-puing ruangan yang suram.

Tepat 109 hari setelah perang genosida Israel di Jalur Gaza , yang telah menewaskan lebih dari 25.300 orang, peristiwa tersebut telah berdampak pada perempuan, terutama ibu hamil , dengan cara yang tidak terbayangkan.

Bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh serangan militer Israel yang membabi buta terhadap warga Palestina di Gaza menyebabkan sekitar 50.000 wanita hamil menjadi korbannya, menurut PBB.



Badan dunia tersebut mengatakan lebih dari 5.200 perempuan Palestina yang hamil dan tinggal di Jalur Gaza yang terkepung diperkirakan akan melahirkan bulan depan. Rata-rata lebih dari 180 kelahiran terjadi setiap hari di tengah “kehancuran” sistem layanan kesehatan di wilayah tersebut dengan sebagian besar rumah sakit ditutup.

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan bahwa 15% perempuan hamil di wilayah pesisir kemungkinan besar mengalami komplikasi kehamilan atau kelahiran dan memerlukan perawatan medis tambahan.

Menurut petugas kesehatan di Gaza , perempuan di sana harus berjuang keras untuk melahirkan bayi karena kurangnya akses ke rumah sakit dan pasokan medis yang disebabkan oleh perang dan blokade Israel yang sedang berlangsung.

Mereka menghadapi risiko infeksi dan kematian yang lebih tinggi setelah melahirkan atau menjalani operasi caesar darurat dengan sedikit atau tanpa anestesi atau obat penghilang rasa sakit di tempat penampungan, rumah mereka, jalanan yang dipenuhi reruntuhan, atau di fasilitas kesehatan yang kewalahan, di mana sanitasi semakin buruk.

Para petugas kesehatan mengatakan hal ini telah mengakibatkan peningkatan angka kematian bayi dan serangkaian dampak kesehatan reproduksi yang mematikan bagi perempuan di wilayah yang sebagian besar korbannya adalah perempuan dan anak-anak.

“Ibu hamil berisiko tidak mendapat perawatan yang memadai jika terjadi komplikasi. Ratusan kasus keguguran dan kelahiran prematur telah dilaporkan sejak pecahnya [perang],” kata Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) pada hari Kamis.



Keguguran dan Infeksi Meningkat

Tingkat keguguran di kalangan perempuan di Jalur Gaza telah meroket sebesar 300% sejak dimulainya perang dan genosida pada tanggal 7 Oktober, kata Nour Beydoun, penasihat regional CARE untuk perlindungan dan gender dalam keadaan darurat seperti dikutip PressTV.

Beydoun mengatakan bahwa CARE telah mendengar tentang “penurunan berat badan yang signifikan” di kalangan wanita hamil “karena terbatasnya akses terhadap makanan, terhadap nutrisi yang tepat,” yang mengakibatkan “kesehatan pribadi yang buruk dan juga buruknya kesehatan janin dan bayi baru lahir.”

Menurut Beydoun, banyak ibu hamil yang harus berjalan kaki ke rumah sakit atau puskesmas, namun mereka ditolak karena keterbatasan kapasitas.

Badan-badan bantuan PBB juga memperingatkan bahwa dampak psikologis dari perang ini juga mempunyai konsekuensi langsung – dan terkadang mematikan – terhadap kesehatan reproduksi, termasuk peningkatan keguguran, bayi lahir mati, dan kelahiran prematur yang disebabkan oleh stres.

Ammal Awadallah, direktur eksekutif Asosiasi Keluarga Berencana dan Perlindungan Palestina, seperti dikutip oleh Izebel, bahwa banyak perempuan di Gaza berisiko melahirkan dalam “kondisi yang tidak aman” dan ditempatkan dalam situasi di mana mereka melahirkan di tenda, dan shelter.



Awadallah menjelaskan bahwa banyak operasi caesar dan kelahiran “dilakukan tanpa perlengkapan medis dasar atau anestesi dan tanpa perawatan pascakelahiran,” dan hanya sedikit yang bisa menemui dokter setelah melahirkan.

“Wanita hamil hanya diperbolehkan masuk ketika dilatasi penuh dan dipulangkan dalam beberapa jam setelah melahirkan, karena fasilitas yang penuh sesak dan sumber daya yang sangat terbatas,” kata Awadallah.

Kondisi di tempat penampungan darurat yang terlalu padat jauh dari ideal dan hal ini juga memperparah situasi yang sudah mengerikan, namun menurut Awadallah banyak orang “tidak punya pilihan selain tinggal di tempat penampungan yang penuh sesak,” dan “sangat rentan terhadap infeksi,” yang mana meningkatkan risiko kematian ibu.

Sebelum perang dimulai pada tanggal 7 Oktober, kekurangan gizi sudah tinggi di kalangan perempuan hamil di Gaza, yang berpotensi menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa saat melahirkan, berdampak pada kelangsungan hidup anak dan menyebabkan berat badan lahir rendah, kurus, gagal tumbuh dan keterlambatan perkembangan.

Setelah meletusnya perang dan blokade yang dilakukan oleh rezim Israel, akses terhadap makanan dan air menjadi hampir nol. Wanita hamil di Gaza kini berjuang untuk memberi makan dan merawat janin mereka di tengah meningkatnya kelangkaan pangan, meningkatnya risiko kekurangan gizi, penyakit, dan kematian.

UNFPA, Badan Kesehatan Seksual dan Reproduksi PBB, memperkirakan bahwa 45.000 wanita hamil dan 68.000 wanita menyusui di Gaza tidak memiliki cukup makanan, sehingga menempatkan mereka pada risiko lebih tinggi terkena pre-eklamsia, pendarahan, atau bahkan kematian.



Tak Terbayangkan

Menurut Dana Anak-anak PBB (UNICEF), hampir 20.000 bayi telah lahir selama perang, yang memasuki hari ke-109 pada hari Selasa, yang berarti satu bayi lahir di Gaza setiap 10 menit.

Tess Ingram, juru bicara UNICEF, yang baru saja kembali dari kunjungan selama seminggu ke Jalur Gaza, menceritakan pertemuannya yang “memilukan” dengan calon ibu di Rumah Sakit Emirat di Rafah yang menurutnya “mengungkapkan ribuan pengalaman perempuan. ”

“Iman – berlari, ketakutan, saat hamil delapan bulan, melalui jalan-jalan Kota Gaza ketika diserang. Sekarang, 46 hari setelah operasi caesar, dia dirawat di rumah sakit karena infeksi parah. Dia terlalu lemah untuk menggendong bayi barunya, Ali,” kata Ingram.

Wanita lain, Mashael, sedang hamil ketika rumahnya dihantam dan suaminya terkubur di bawah reruntuhan selama beberapa hari dan kemudian bayinya berhenti bergerak di dalam dirinya, kata Ingram.

“Dia bilang dia yakin sekarang, sekitar sebulan kemudian, bayinya sudah meninggal. Dia masih menunggu perawatan medis. Dia mengatakan kepada saya bahwa yang terbaik adalah ‘seorang bayi tidak dilahirkan dalam mimpi buruk ini’.”



Ingram juga menceritakan kisah seorang perawat bernama Webda, yang menurutnya telah melakukan operasi caesar darurat pada enam wanita yang meninggal dalam delapan minggu terakhir.

Dia mengatakan para ibu menghadapi “tantangan yang tak terbayangkan” dalam mengakses perawatan medis, nutrisi, dan perlindungan yang memadai sebelum, selama, dan setelah melahirkan.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa meskipun Rumah Sakit Emirat di Rafah kini melayani sebagian besar wanita hamil di Jalur Gaza, karena “kondisi yang penuh sesak dan sumber daya yang terbatas,” staf terpaksa memulangkan ibu dalam waktu tiga jam setelah operasi caesar.

Kondisi-kondisi ini menempatkan para ibu pada risiko keguguran, bayi lahir mati, persalinan prematur, kematian ibu dan trauma emosional.

“Jangan lupa, ini berada di bagian selatan Gaza. Meskipun ada upaya tanpa henti, UNICEF tidak dapat mengakses wilayah utara, di mana situasinya jauh lebih buruk,” tambah Ingram.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)