Kisah Menyentuh Malak Silmi, Jurnalis Warga Amerika Keturunan Palestina

Selasa, 30 Januari 2024 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Saya ingin menjadi jurnalis untuk mengoreksi narasinya. Saya ingin menyampaikan cerita secara akurat dan meminta pertanggungjawaban orang-orang yang berkuasa.

Saya diajari di perguruan tinggi bahwa jurnalisme dapat mengubah kebijakan, mengungkap rahasia dan kebohongan pemerintah, serta membebaskan orang yang dihukum secara tidak sah. Hal ini membuat saya tertarik. Saya ingin mengalihkan kekuatan tersebut kepada diri saya sendiri dan komunitas tempat saya berada, yang telah difitnah oleh industri berita dan pemerintah selama beberapa dekade.

Saya jatuh cinta dengan mendongeng dan melaporkan koran kampus sambil belajar, dan magang di beberapa outlet di Michigan. Saya bahkan berkesempatan menghabiskan dua minggu magang di New York Times.

Ibu saya berbagi cerita saya di media sosial, ayah saya membaca tulisan saya dan mengajukan pertanyaan pelaporan lebih lanjut, dan saudara laki-laki dan perempuan saya akan menelepon saya dengan “tips eksklusif” tentang insiden yang terjadi di aula sekolah mereka. Saya menyimpan salinan cetak semua cerita saya yang dicetak di surat kabar.



Pada tahun 2021, saya mendapatkan pekerjaan penuh waktu pertama saya setelah kuliah di sebuah surat kabar lokal di Texas dan saya adalah satu-satunya Muslim dan satu-satunya warga Palestina yang bekerja di ruang redaksi. Saya menerbitkan sekitar 400 cerita dalam setahun tentang berita terkini dan topik yang sedang tren.

Di antaranya ada satu cerita yang ragu-ragu untuk saya sampaikan, dan kemudian saya sesali karena pernah menulisnya. Itu adalah berita yang meliput protes lokal terhadap gereja Evangelis yang menggalang dana untuk Israel.

Saya mengambil foto saya sendiri pada acara tersebut, mewawancarai beberapa pengunjuk rasa, yang sebagian besar adalah warga Palestina, dan memasukkan konteks sebanyak mungkin sambil tetap ringkas. Cerita ini melewati banyak editor di ruang redaksi sebelum diterbitkan. Biasanya saya melihat hasil edit yang dilakukan, namun kali ini saya melihatnya setelah dipublikasikan.

Alih-alih menyoroti kekhawatiran para pengunjuk rasa dan memberi tahu pembaca tentang kondisi warga Palestina yang hidup di bawah pendudukan Israel, artikel tersebut salah mengartikan demonstrasi tersebut sebagai “protes lain” yang terjadi setiap tahun di acara ini.

Beberapa paragraf dipotong dan judulnya diubah menjadi baris yang lebih menarik yang menyebut penggalangan dana untuk negara lain hanyalah “acara tahunan”.

Artikel tersebut mengutip pendiri gereja dan pembicara utama pada acara tersebut yang menyerukan diakhirinya anti-Semitisme, namun tidak menampilkan satupun warga Palestina yang saya wawancarai sebelumnya.



Saya ingat ingin berteriak di apartemen saya yang kosong ketika saya melihat artikel yang diterbitkan. Aku merasa suaraku terhapus. Saya merasa malu karena mendapat reaksi langsung dari penyelenggara protes yang mengatakan artikel tersebut tidak memiliki konteks dan hanya memberi ruang pada sudut pandang gereja. Saya merasa menjadi bagian dari masalah dan bukan lagi bagian dari solusi.

Apa yang saya ambil dari pengalaman itu adalah saya harus menjauhi urusan internasional yang bersifat lokal. Namun beberapa bulan kemudian, perang Rusia-Ukraina dimulai dan kami mulai menerbitkan artikel yang melokalisasinya.

Saya diberi beberapa cerita berikut: sebuah bar lokal yang memboikot vodka Rusia dan seorang jurnalis AS yang menerima perawatan di rumah sakit setempat setelah terluka di Ukraina. Saya berusaha menghindari membawa masalah pekerjaan ke rumah, namun gagal. Suami saya mendengarkan rasa frustrasi saya dan menghibur saya ketika saya menangis.

Saya melihat jurnalisme yang saya inginkan dan itu mungkin terjadi, namun saya menyadari bahwa standarnya tidak dapat diterapkan pada masyarakat saya. Saya melihat upaya yang dilakukan untuk mendapatkan fakta yang benar dan memusatkan suara lokal Ukraina. Saya melihat apa yang mungkin terjadi bagi negara lain, namun tidak bagi rakyat Palestina.

Meskipun saya bertemu dengan pemimpin redaksi dan menyuarakan keprihatinan saya untuk mencoba menciptakan perubahan “dari dalam”, upaya saya terasa sia-sia dan melelahkan. Ada beberapa momen seperti ini yang menumpuk dan membuat saya sangat frustrasi hingga saya memutuskan untuk berhenti.



Pengalaman saya bukanlah sebuah preseden. Suara-suara Palestina jarang dimuat di media cetak atau disiarkan di AS mengingat besarnya bias media yang pro-Israel. Ketika mereka melakukannya, mereka sering menghadapi sensor.

Beberapa penerbit takut akan pukulan balik dari pelanggan atau pengiklan karena kepekaan mereka yang pro-Israel mungkin dirugikan oleh perspektif pro-Palestina atau laporan objektif tentang Israel. Ada pula yang berpendapat bahwa cerita yang ingin kami sampaikan adalah tentang isu-isu yang “terlalu rumit” dan tidak akan menarik lebih banyak penonton atau klik.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3203 seconds (0.1#10.140)