Tragis..! Kegagalan Strategi Nasional Biden mengenai Islamofobia

Rabu, 31 Januari 2024 - 05:15 WIB
loading...
Tragis..! Kegagalan Strategi Nasional Biden mengenai Islamofobia
Para pengunjuk rasa menyerukan gencatan senjata dan diakhirinya pendanaan militer AS untuk Israel di dalam Rotunda Capitol AS di Washington pada 19 Desember 2023. Foto/Ilustrasi: Al Jazeera
A A A
Pada tanggal 1 November, kurang dari sebulan serangan gencar Israel di Gaza, pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan strategi nasional untuk memerangi Islamofobia .

"Langkah ini dilakukan ketika insiden anti-Muslim meningkat secara nasional," tulis Nazia Kazi, Associate Professor Antropologi dan penulis Islamofobia, Ras, dan Politik Global dalam artikelnya berjudul "There is a seismic shift in the Muslim American community" yang dilansir Al Jazeera pada Senin 29 Januari 2024.

Pada tanggal 14 Oktober, Wadea Al-Fayoume, seorang anak Palestina - Amerika berusia enam tahun, ditikam sampai mati di Chicago sementara ibunya terluka parah dalam serangan bermotif rasial yang dilakukan oleh tuan tanah mereka.



Lima hari kemudian, Jasmer Singh, seorang pria Sikh berusia 66 tahun, dipukuli sampai mati di New York City oleh seorang pria yang meneriakkan “pria serban”. (Orang Sikh yang taat sering disalahartikan sebagai Muslim.)

Pada tanggal 28 Oktober, dokter Muslim Amerika Talat Jehan Khan ditikam hingga tewas di Texas.

Inisiatif Biden juga diikuti oleh beberapa institusi akademis AS, yang mengadopsi langkah-langkah anti-Islamofobia, biasanya bersamaan dengan kebijakan pencegahan anti-Semitisme. Stanford, Universitas Maryland, Columbia dan Harvard termasuk di antara institusi pendidikan yang mengumumkan inisiatif tersebut.

Namun strategi Gedung Putih untuk melawan Islamofobia mendapat cemoohan.Pengguna X (sebelumnya Twitter) menanggapi pengumuman Wakil Presiden Kamala Harris tentang inisiatif tersebut dengan kritik dan pertanyaan tajam tentang keterlibatan AS dalam kekejaman yang terjadi di Jalur Gaza.

Di kampus-kampus, tindakan keras terhadap aktivisme dan advokasi pro-Palestina telah mengabaikan inisiatif anti-Islamofobia yang dilakukan universitas.

Reaksi-reaksi ini mencerminkan semakin besarnya penolakan warga Muslim Amerika terhadap upaya mengganti tuntutan politik sistemik dengan tuntutan yang berfokus pada intoleransi atau pengucilan. Hal ini menandai terobosan dari dua dekade terakhir, ketika fokus pada penerimaan budaya atau dialog antaragama, dibandingkan kritik dan tindakan politik, membentuk advokasi dan pengorganisasian Muslim Amerika.



Pergeseran ini terlihat jelas dalam pemakaman anak Wadea yang terbunuh, yang dihadiri oleh ribuan orang dan benar-benar menjadi unjuk rasa Merdeka Palestina.

Para pembicara mengecam pemberitaan media AS yang cenderung pro-Israel, cek kosong yang diberikan AS kepada pasukan pendudukan Israel untuk melakukan kekejaman, dan pengepungan selama bertahun-tahun di Gaza yang telah melumpuhkan kehidupan warganya.

Kematian Wadea disesali bukan karena kefanatikan atau kebencian anti-Muslim, namun karena konflik dalam negeri yang mengerikan dalam aliansi AS-Israel.

Posisi serupa juga diambil menyusul penembakan terhadap tiga mahasiswa Palestina pada bulan November, yang mengenakan syal keffiyeh yang kemungkinan menjadi tanda mereka melakukan serangan tersebut. Ketika ditanya tentang serangan itu, Kinnan Abdalhamid, salah satu korban selamat, bersikeras bahwa fokusnya harus tetap pada seruan gencatan senjata permanen di Gaza, bukan pada pengalaman pribadinya.

Teman Abdalhamid, Hisham Awartani, yang mengalami kelumpuhan dari pinggang ke bawah akibat penembakan tersebut, juga menolak penderitaan yang dialaminya dikemas ulang menjadi sebuah contoh intoleransi anti-Muslim.



Awartani mengatakan bahwa dia hanyalah satu korban dalam konflik yang lebih luas. "Seandainya saya ditembak di Tepi Barat, tempat saya dibesarkan, layanan medis yang menyelamatkan hidup saya di sini kemungkinan besar akan ditahan oleh tentara Israel. Tentara yang menembak saya akan pulang dan tidak pernah dihukum.”

Sementara itu, komunitas Muslim dan Arab secara massal melakukan demonstrasi yang menyerukan diakhirinya dukungan material AS kepada Israel dan segera gencatan senjata permanen.

Nazia Kazi mengatakan mobilisasi ini sangat berbeda dengan dinamika yang terjadi pada dua dekade terakhir, seperti yang digambarkan oleh penelitiannyatentang multikulturalisme Muslim selama tahun-tahun “perang melawan teror”.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)