Tragis..! Kegagalan Strategi Nasional Biden mengenai Islamofobia

Rabu, 31 Januari 2024 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Pasca 9/11, organisasi Muslim Amerika terlibat dalam proyek budaya dan sikap yang bertujuan untuk memerangi kesalahpahaman tentang komunitas mereka. Banyak yang percaya bahwa mengubah persepsi Amerika (dengan mengajarkan pentingnya haji atau Ramadan atau menyangkal stereotip tentang jilbab) akan melegitimasi kehadiran Muslim di Amerika.

"Dalam penelitian lapangan etnografi saya, saya diberitahu bahwa mengajukan pertanyaan tentang militerisme AS akan membahayakan proyek rapuh legitimasi Muslim Amerika," ujarnya.



Tahun-tahun ini menyaksikan menjamurnya acara kesadaran budaya. Di kampus-kampus, Himpunan Mahasiswa Muslim mengadakan Pekan Kesadaran Islam, sekali lagi dimotivasi oleh keyakinan bahwa mengoreksi kesalahan persepsi tentang Muslim akan mengalahkan Islamofobia.

Hari Hijab Internasional tahunan mengundang perempuan non-Muslim untuk mengenakan jilbab sebagai bentuk solidaritas terhadap perempuan Muslim. Pameran museum memamerkan penemuan-penemuan dari dunia Muslim.

Inisiatif keberagaman, seperti yang dilakukan Gap, di mana aktor Sikh Waris Ahluwalia ditampilkan dalam kampanye iklan, mendapat pujian luas. Setelah salah satu papan reklame yang menampilkan iklan tersebut dirusak dengan grafiti rasis, Gap menggunakannya sebagai spanduk Twitter, merayakan keberagaman mereka dan menginspirasi kampanye #thankYouGap yang viral di seluruh Sikh dan Muslim Amerika.

Aktivis Muslim Amerika juga bergabung dengan berbagai inisiatif antaragama, seperti Sisterhood of Salaam-Shalom, yang dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan Muslim-Yahudi melalui dialog dan persahabatan, dan NewGround: A Muslim-Jewish Partnership for Change, yang bertugas membangun hubungan Muslim-Yahudi untuk Perubahan.

Tidak semua Muslim Amerika menerima inisiatif ini. Beberapa kelompok yang sering terpinggirkan melontarkan kritik tajam, menuduh program-program tersebut sebagai “pencucian iman”, yang menggunakan dialog antaragama untuk mengalihkan perhatian dari kekerasan kolonial Israel terhadap rakyat Palestina.



Bagi para pengkritik ini, perpaduan toleransi dan pemahaman mengubah perampasan hak milik warga Palestina menjadi masalah opini dan perbedaan individu, sementara penentangan terhadap apartheid Israel dijelaskan dengan “permusuhan primordial” antara Yahudi dan Muslim, yang dapat diatasi melalui pertukaran sosial.

Perpecahan serupa juga terjadi pada jamuan makan malam Ramadan tahunan yang diselenggarakan oleh Gedung Putih, yang mempertemukan para pemimpin Muslim Amerika untuk berbuka puasa bersama presiden.

Pemerintahan Presiden Bill Clinton mengadakan acara buka puasa bersama di Gedung Putih yang pertama, dan semua presiden sejak saat itu pun mengikuti hal yang sama. Bahkan Donald Trump, yang mengeluarkan “larangan Muslim” pada masa kepresidenannya, menjadi tuan rumah acara tersebut selama masa jabatannya.

Sementara beberapa orang melihat acara buka puasa di Gedung Putih sebagai kesempatan bagi umat Islam untuk terhubung dengan para pialang kekuasaan Amerika, yang lain mengecam para peserta yang melakukan acara buka puasa bersama dengan para arsitek kudeta di dunia Muslim, program pembunuhan, dan pengawasan sistematis serta deportasi terhadap umat Islam.

Banyak organisasi Muslim Amerika yang memboikot acara buka puasa di Gedung Putih tahun 2021, dengan alasan kebijakan Biden terhadap Israel.



Saat ini, perpecahan dalam komunitas Muslim dan Arab semakin tertutup. Dengan semangat yang semakin meningkat, Muslim Amerika bersatu dalam menuntut perubahan kebijakan AS di Timur Tengah.

Penolakan Muslim dan Arab untuk mendukung Biden, terutama di negara-negara bagian penting seperti Michigan, telah membuat khawatir para pemimpin Partai Demokrat.

“Menurut pendapat saya,” tulis pakar Amerika-Palestina Steven Salaita, “bahwa kaum liberal yang mengharapkan Arab-Amerika melupakan dukungan Biden terhadap genosida Zionis ketika bulan November tiba adalah sebuah kesalahan besar.”

Penolakan terhadap upaya pencucian iman kini meluas. Muslim Amerika bergabung dengan banyak sekali non-Muslim yang melakukan agitasi untuk pembebasan Palestina. Daripada ingin melihat ruang rapat yang lebih berwarna atau penghubung pemerintah dalam menangani Islamofobia, mereka kini mengawasi sistem apartheid yang masih bertahan dan proyek pembersihan etnis dan genosida yang tak terbantahkan.

Strategi nasional Biden mengenai Islamofobia gagal di kalangan pemilih Muslim. Apakah hal ini cukup untuk mendorong blok pemungutan suara keluar dari sistem pemilu dua partai, dan memilih opsi pihak ketiga, dan pengorganisasian gerakan massa, masih harus dilihat. Namun hal ini menandai adanya pergeseran besar dalam kesadaran Muslim Amerika, yang tidak lagi menerima toleransi budaya dan pemahaman antaragama sebagai solusi terhadap masalah-masalah kerajaan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3433 seconds (0.1#10.140)