11 Persiapan Menyambut Ramadan 2024

Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:41 WIB
loading...
11 Persiapan Menyambut Ramadan 2024
Persiapan menyambut Ramadan 2024 bagi umat Islam menjadi perlu agar bulan nan suci ini diwarnai dengan ibadah yang optimal. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Persiapan menyambut Ramadan 2024 bagi umat Islam menjadi perlu agar bulan nan suci ini diwarnai dengan ibadah yang optimal. Berikut ini 11 Persiapan menyambut Ramadan.

1. Melunasi Utang Puasa Tahun Lalu

Membayar utang puasa tahun lalu adalah persiapan menyambut Ramadan bagi muslimah , karena wanita diberi keringanan untuk tidak berpuasa dulu ketika masa haidnya tiba.

Pasalnya, salah satu syarat puasa Ramadan adalah suci dari haid ataupun masa nifas. Puasa yang ditinggalkan sebelumnya dapat dibayar dengan melakukan qadha puasa .



Selain wanita yang sedang haid, ada beberapa kategori lainnya juga yang diperbolehkan untuk meninggalkan puasa, yaitu orang tua renta, orang yang sedang sakit parah, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Nantinya, mereka yang meninggalkan puasa Ramadan dan tidak mampu untuk melakukan qadha dapat membayar utang puasanya tersebut dengan mengeluarkan fidyah.

2. Perkuat Iman

Persiapan Ramadan yang paling dasar adalah mempersiapkan iman. Persiapan secara keimanan bisa Toppers lakukan dengan mulai melatih pengendalian dari kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara sesederhana memastikan salat lima Waktu yang tidak pernah bolong, atau menghentikan kebiasaan merokok.

3. Persiapan Fisik

Ramadan merupakan bulan yang ketika kita melakukan kebaikan maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat, ibadah sunnah akan mendapatkan pahala wajib, dan pahala ibadah wajib berlipat-lipat, sangat disayangkan apabila kita tidak bisa memanfaatkan Bulan Ramadan sebaik mungkin karna kondisi fisik kita.

Persiapan fisik yang bisa dilakukan yaitu berolah raga secara teratur, banyak minum air putih dan lengkapi asupan vitamin.



4. Persiapan Mental

Tidak hanya fisik yang harus disiapkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, tapi mental dalam diri masing-masing individu juga harus disiapkan dengan sebaik mungkin. Sebab, alangkah baiknya jika kita menyambut bulan Ramadan dengan hati yang tulus dan jiwa yang bersih.

Dengan demikian, maka kesulitan dan sikap malas dalam ibadah bisa diatasi dan dihilangkan. Ibadah pun menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

5. Berlatih Menahan Diri

Puasa adalah ibadah dalam agama Islam yang dilakukan dengan cara menahan hawa nafsu sejak mulai terbitnya fajar hingga matahari terbenam. Selama berpuasa, umat Islam tidak diperbolehkan untuk makan, minum, merokok, maupun berhubungan seksual dengan pasangan.

Namun, ada beberapa umat muslim yang merasa kesulitan untuk menahan hawa nafsunya selama berpuasa. Untuk mengatasi hal tersebut, umat Islam bisa mulai melatih dirinya untuk menahan hawa nafsu sejak sebelum bulan Ramadhan tiba.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5047 seconds (0.1#10.140)