Kumpulan Artikel: Bayar Utang Puasa Ramadhan

  • Hukum Tidak Mengganti Puasa Ramadan Bagi Wanita
    Muslimah
    Sabtu, 17 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Hukum tidak mengganti puasa Ramadan bagi wanita adalah haram, bila sengaja meninggalkan atau lalai dan tidak dibarengi dengan adanya udzur syari.
  • 11 Persiapan Menyambut Ramadan 2024
    Tips
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:41 WIB
    Persiapan menyambut Ramadan 2024 bagi umat Islam menjadi perlu agar bulan nan suci ini diwarnai dengan ibadah yang optimal. Berikut ini 11 Persiapan menyambut Ramadan.
  • Jadwal Puasa Sunnah Maret 2023, Jangan Lupa Lunasi Utang Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 28 Februari 2023 - 22:33 WIB
    Jadwal puasa sunnah Maret 2023 bertepatan dengan Syaban. Bagi yang punya utang puasa Ramadhan tahun lalu, waktunya melunasinya pada bulan ini sebelum datangnya Ramadhan.
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • Aturan dan Tata Cara Utang Puasa yang Terlewat Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Rabu, 09 Maret 2022 - 09:36 WIB
    Menjelang Ramadhan, umat muslim yang masih memiliki utang puasa harus segera melunasinya. Namun, bagaimana dengan utang puasa yang masih terlewat karena berbagai alasan. Haruskah tetap dilunasi atau harus membyar denda?
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kapan Batas Waktu Meng-qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 14:56 WIB
    Bagi sebagian kalangan muslimah menyambut bulan suci ini kadang-kadang mengalami kebingungan, terutama terkait waktu untuk meng-qadha puasa. Adakah batas waktu untuk meng-qadha puasa Ramadhan sebelumnya?