Berikut Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Selasa, 22 Maret 2022 - 20:26 WIB
loading...
Berikut Doa Menyambut Bulan Ramadhan
Dulu para sahabat, enam bulan sebelum datangnya Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Foto/ist
A A A
Dalam menyambut Ramadhan, umat muslim hendaknya menyiapkan bekal terbaik termasuk memperbanyak doa agar Allah menyampaikan kita ke bulan Ramadhan.


Dulu para sahabat, enam bulan sebelum datangnya Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan. (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

Berikut beberapa doa menyambut bulan Ramadhan dihimpun dari berbagai sumber.

1. Doa dari Yahya bin Abi Katsir, Ulama Tabi'in

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً


Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan, dan antarkanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

3. Doa Menyambut Bulan Baru

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ


Artinya: "Allahu Akbar, Ya Allah jadikanlah Hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah." (HR Ahmad No 888, Ad-Darimi No 1729, dan dinilai sahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171).

3. Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW
Doa menyambut bulan Ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah dan diterapkan oleh para sahabat:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ


Artinya: "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban, serta berkahilah kami di bulan Ramadhan." (HR Ahmad No 2346)

4. Doa Agar Diberi Keimanan yang Kuat
Ketika Rasulullah SAW menyaksikan munculnya Hilal Ramadhan, beliau menghadapkan pandangannya ke arah kiblat sambil berdoa:

"Ya Allah, berilah aku keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang besar, kekebalan dari penyakit, dan kebolehan untuk menunaikan salat, puasa, menghidupkan malamnya dan membaca Al-Qur'an. Ya Allah, berilah aku keselamatan di bulan Ramadhan. Terimalah seluruhnya ibadah puasaku dan ibadah-ibadah lain di bulan Ramadhan. Maka bila Ramadhan berlalu dariku, Engkau sudah memaafkan dan mengampuni dosa-dosa ku." (HR Muslim)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2463 seconds (0.1#10.140)