Rafah: Kota Oasis Sinai-Gaza yang Kontroversial

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:18 WIB
loading...
A A A
Mesir saat ini sedang dalam proses membangun kota Rafah yang benar-benar baru.

Dirusak oleh Perang Israel

Sementara di pihak Palestina, Rafah dilanda konflik dalam beberapa tahun terakhir.



Pada bulan Agustus 2009, dalam apa yang disebut Pertempuran Rafah, pertempuran antara Hamas dan kelompok militan bersenjata berumur pendek yang dikenal sebagai Jund Ansar Allah mengakibatkan 22 kematian.

Kelompok tersebut mendirikan Imarah Islam Rafah yang bertahan satu hari - 14 Agustus 2009 - sebelum dihancurkan oleh Hamas.

Rafah juga menjadi sasaran pemboman Israel selama beberapa perang di Gaza, termasuk pada tahun 2009, 2012, 2014 dan konflik saat ini.

Selama perang tahun 2014, yang menandai invasi darat terbaru ke Gaza sebelum konflik saat ini, Israel melancarkan serangan besar-besaran ke Rafah.

Pada tanggal 1 Agustus 2014, setelah seorang tentara Israel hilang, Israel melancarkan serangan udara dan 1.000 peluru artileri ke kota tersebut. Tank dan buldoser juga merobohkan banyak rumah. Serangan itu mengakibatkan 75 warga sipil tewas dalam satu hari, termasuk 24 anak-anak.

Serangan Rafah dilaporkan merupakan contoh penggunaan Petunjuk Hannibal, sebuah aturan keterlibatan dalam negeri Israel yang menetapkan bahwa jika seorang tentara diculik, maka tindakan pencegahan dapat dilonggarkan dan bertindak lebih agresif.



Dalam perang yang terjadi di Gaza saat ini, meskipun Israel mendeklarasikan Rafah sebagai zona aman tahun lalu, kota ini berulang kali dibombardir oleh Israel. Pada minggu ini, setidaknya 95 orang, termasuk 42 anak-anak, tewas dalam empat serangan Israel di sana, menurut Amnesty International.

Kelompok bantuan dan analis mengatakan kepada Middle East Eye bahwa rencana invasi darat Israel ke Rafah akan menciptakan bencana kemanusiaan, dan bisa membuka jalan bagi pembersihan etnis warga Palestina dari Gaza hingga Sinai di Mesir.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3198 seconds (0.1#10.140)