Arab Saudi Bolehkan Warga Inggris, UE dan AS Umrah Tanpa Visa

Selasa, 20 Februari 2024 - 17:51 WIB
loading...
Arab Saudi Bolehkan Warga Inggris, UE dan AS Umrah Tanpa Visa
Penduduk tetap Uni Eropa, Inggris dan Amerika Serikat dapat menunaikan umrah tanpa perlu mendapatkan visa terlebih dahulu. Foto/Ilustrasi: Dok. SINDOnews
A A A
Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah menekankan bahwa penduduk tetap Uni Eropa (UE), Inggris (UK) dan Amerika Serikat (AS) dapat menunaikan umrah tanpa perlu mendapatkan visa terlebih dahulu.

Menurut kementerian, langkah ini bertujuan untuk menyederhanakan proses ibadah umrah , memastikan layanan berkualitas tinggi dan meningkatkan pengalaman budaya dan keagamaan bagi jamaah, sejalan dengan Visi Arab Saudi 2030.

Kementerian menyoroti bahwa jamaah umrah yang memenuhi syarat kini dapat dengan mudah menjadwalkan ziarah mereka melalui aplikasi Nusk, atau bahkan memilih untuk melakukan umrah langsung pada saat kedatangan.



Selain itu, Kerajaan juga telah memperluas kemudahan akses dengan memasukkan opsi visa-on-arrival bagi penduduk di wilayah tersebut, baik mereka yang berniat melakukan umrah atau berkunjung untuk tujuan pariwisata. Hal ini juga berlaku bagi kerabat tingkat pertama pemegang visa.

Selain itu, opsi untuk menunaikan umrah juga tersedia melalui visa transit, asalkan perjalanan tersebut dilakukan melalui maskapai penerbangan Saudi, sehingga semakin meningkatkan aksesibilitas bagi umat Islam internasional untuk ikut serta dalam ibadah keagamaan yang penting ini.

Umrah, sering disebut sebagai “ziarah kecil” berbeda dengan haji, “ziarah besar”, adalah ritual Islam penting yang dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Berbeda dengan haji yang memiliki tanggal tertentu menurut kalender lunar Islam, umrah adalah ziarah sukarela ke Makkah yang dilakukan umat Islam untuk mendapatkan pahala spiritual dan kedekatan dengan Allah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)