Keutamaan Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:19 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW
Salah satu manfaat mempelajari Sirah Nabawiyah adalah mengenalkan kita sosok Nabi Muhammad SAW sehingga tumbuh mahabbah (kecintaan) kepada beliau. Foto/Ist
A A A
Hal paling utama dipelajari umat Islam setelah Kitab Suci Al-Qur'an adalah mempelajari sejarah hidup dan perjuangan Rasulullah SAW atau dikenal dengan " Sirah Nabawiyah ". Menurut syariat, Sirah Nabawiyah adalah ilmu yang mengumpulkan apa yang diterima dari fakta-fakta sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW secara komprehensif berikut sifat-sifatnya, akhlaknya dan kisah hidupnya.( )

Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Muchlis Al-Mughni mengatakan, sejarah hidup dan perjuangan Rasulullah SAW merupakan kumpulan peristiwa dan fakta bagaimana Al-Qur'an dipahami dan dipraktikkan oleh beliau dan orang-orang yang mengimaninya kala itu. Nabi SAW sebagaimana disebut Al-Qur'an adalah suritauladan dan rahmat bagi semesta. Bahkan Allah Ta'ala memuji beliau: "Wa innaka la'ala khuluqin 'azhim, yang artinya: "Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas budi pekerti yang agung". (Surah Al-Qalam ayat 4).

Adapun Sirah Nabawiyah berisi tentang kisah hidup Rasulullah SAW mulai dari kisah asal-muasal, suku dan nasab, keadaan masyarakatnya, sebelum beliau dilahirkan. Kemudian berlanjut kepada kelahiran beliau, masa kecil, remaja, dewasa, pernikahan, diutus menjadi Nabi, serta perjuangan-perjuangan beliau dalam menegakkan Islam hingga akhir hayatnya.( )

Keutamaan Mempelajari Sirah Nabawiyah

1. Sirah mengenalkan kita sosok Nabi Muhammad SAW dan keluarga beliau dan menumbuhkan mahabbah (kecintaan) kepada beliau.
2. Sirah mengajarkan kita bagaimana Rasulullah SAW membina keluarga besarnya.
3. Sirah mengajarkan kita bagaimana Rasulullah SAW mendidik para sahabatnya.
4. Sirah merekam dinamika dakwah harmonis Rasulullah SAW antara ideologi dan realita.
5. Sirah adalah sekolah pertama dimana Rasulullah SAW berhasil mencetak generasi berprestasi dan gemilang sesuai yang diharapkan Allah.
6. Sirah mencatat semangat perjuangan dan pengorbanan Rasulullah SAW dan para sahabat demi dakwah Islam dan menegakkan keadilan di muka bumi.
7. Sirah Nabi SAW menjelaskan prinsip sempurna tentang dakwah Rasulullah SAW yang menerangi negeri timur dan barat dengan cahaya hidayah.
8. Sirah merupakan unsur yang paling efektif dalam mendidik jiwa dan akal setelah Al-Qur'an .

( )

Imam Zainal Abidin Ali bin Husein berkata: "Kami mempelajari sejarah peperangan Rasulullah SAW seperti kami mempelajari surat-surat dalam Al-Qur'an ." Setiap hari dari kehidupan Rasulullah SAW senantiasa dilingkupi akhlak mulia dan kebijakan yang menentramkan. (Baca Juga: 8 Manfaat Mempelajari Kisah Nabi dan Rasu)

Kata Ustaz Muchlis , biografi paling populer di dunia dan telah diterjemahkan ke banyak bahasa manusia adalah biografi Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarga beliau serta orang yang mengikuti beliau. (Baca Juga: Biografi Nabi Muhammad, Manusia Teragung Sepanjang Masa)

اللهم صل على محمد و على اله و صحبه
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)