Berikut Ini Salat Sunah yang Dianjurkan Diamalkan di Malam Nisfu Sya'ban

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:55 WIB
loading...
Berikut Ini Salat Sunah yang Dianjurkan Diamalkan di Malam Nisfu Syaban
Memperbanyak salat sunah di malam nisfu Syaban. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Malam Nisfu Sya’ban , merupakan momen istimewa dalam kalender Islam yang dipenuhi dengan keberkahan dan kemurahan dari Allah SWT.

Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW , malam ini termasuk dalam lima malam yang amat dianjurkan untuk beribadah dan berdoa.

Oleh karena itu, ada beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam tersebut untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.



Memperbanyak Salat Sunah

Salat merupakan kunci utama dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada malam Nisfu Sya’ban, disarankan untuk memperbanyak salat sunnah.

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Salat adalah sebaik-baik syariat, siapa yang ingin memperbanyak maka perbanyaklah, dan siapa yang ingin melakukan sedikit maka lakukanlah.”

Salat Sunah Tasbih

Salat Sunnah Tasbih adalah amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Sya’ban. Salat ini terdiri dari empat rakaat, di mana setiap rakaatnya dilakukan dengan membaca tasbih sebanyak 75 kali. Dengan melakukan salat ini, diharapkan kita mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.



Salat Sunah Awwabin

Salat Sunah Awwabin merupakan salat yang terdiri dari enam rakaat, yang dilakukan setelah salat Maghrib dan sebelum Isya’.

Pada tiap rakaatnya, bacalah surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas sebanyak enam kali. Dengan melaksanakan salat ini, diharapkan kita mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)