Hadis-hadis Tentang Menyambut Bulan Ramadan

Rabu, 28 Februari 2024 - 11:15 WIB
loading...
Hadis-hadis Tentang Menyambut Bulan Ramadan
Ada beberapa hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang menjelaskan tentang menyambut bulan Ramadan sesuai tuntunan syariat dan sunnah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Foto ilustrasi/youtube
A A A
Ada beberapa hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang menjelaskan tentang menyambut bulan Ramadan . Secara garis besar, hadis tersebut menerangkan tentang cara menyambut bulan Ramadan yang penuh keberkahan di dalamnya. Bagaimana bunyi hadis-hadisnya?

Mengisi dan menyambut bulan suci Ramadan sesuai tuntunan Sunnah Nabi SAW , tentu akan memberikan keberkahan luar biasa pada kita sebagai umat Muslim. Kedatangan bulan mulia ini, diharapkan menjadi penuh berkah dan rahmat bagi umat Islam yang akan menjalani puasa wajib selama sebulan penuh tersebut..

Berikut Hadis-hadis tentang Menyambut Bulan Ramadan ini:

1. Setan-setan dibelenggu ketika datangnya bulan Ramadan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: "إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ، فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ، وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِينُ


“Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Jika datang bulan Ramadhan, dibukalah pintu-pintu langit, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan dibelenggu setan-setan." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Pintu-Pintu Neraka ditutup dan Pintu-Pintu Surga Dibuka

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kalian berpuasa pada bulan itu. Di bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang kebaikannya pada malam tersebut, maka sungguh dia telah terhalang dari kebaikan yang banyak." (Hadits Riwayat Ahmad dan An-Nasa'i, lihat Shahihul Jami' No. 7596)

3. Kegembiraan dan perasaan suka ria kedatangan bulan Ramadan

مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ


“Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

Semoga tuntunan hadis ini dapat memberikan kita insprasi dan petunjuk Allah Subhanahu wa ta'ala.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)