Kumpulan Artikel: Sambut Ramadhan

  • Kegembiraan Menyambut Ramadan Syahrun Mubarak, Inilah Persiapannya!
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Ramadan akan segera tiba, umat Islam menyambutnya dengan suka cita. Dan ternyata kegembiraan menyambut bulan suci ini juga telah lama dilakukan para ulama salaf dahulu
  • Doa Menyambut Bulan Ramadan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:49 WIB
    Doa menyambut bulan Ramadan sebenarnya tidak terdapat dalam riwayat doa khusus dari Nabi maupun para sahabatnya ketika menyambut bulan suci ini. Hanya saja, mereka memanjatkan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan.
  • Bulan Ramadan dan Asal Usul serta Artinya
    Hikmah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 09:30 WIB
    Asal usul penamaan bulan Ramadan dan artinya penting diketahui umat Islam. Ramadan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.
  • Hari Ini, Jumat Terakhir di Bulan Syaban, Yuk Perbanyak Doa Sambut Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Hari ini, merupakan hari Jumat terakhir di bulan Syaban (27 Syaban 1445 Hijriyah) atau bertepatan tanggal 8 Maret 2024, menjadi momentum terbaik untuk berdoa sembari menyiapkan diri menyambut datangnya bulan mulia Ramadan.
  • Sambut Ramadan, Aplikasi Belajar Ngaji Diluncurkan
    Dunia Islam
    Rabu, 06 Maret 2024 - 05:58 WIB
    Menyambut bulan suci Ramadan aplikasi bernama ngaji.ai, resmi diluncurkan oleh perusahaan pelopor penerapan teknologi AI (Artifical Intelligence), Vokal.ai.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Ragam Tradisi di Daerah dalam Menyambut Bulan Ramadan
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 09:54 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Shabri Shaleh Anwar dalam buku berjudul Ramadhan Pembangkit Esensi Insan menyebutkan beberapa tradisi tersebut
  • Niat Menyambut Bulan Ramadan yang Sering Diamalkan Para Salafus Shalih
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Niat menyambut bulan Ramadan dengan sungguh-sungguh akan membuat bulan suci menjalankan puasa tidak akan sia-sia. Kaum muslim, hendaknya memiliki niat sempurna seperti yang dilakukan para salafus shalih terdahulu.
  • Hadis-hadis Tentang Menyambut Bulan Ramadan
    Hikmah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 11:15 WIB
    Ada beberapa hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang menjelaskan tentang menyambut bulan Ramadan. Apa saja dan bagaimana bunyi hadis-hadisnya?
  • 4 Tips Menyambut Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 11 April 2021 - 10:37 WIB
    Di bulan Ramadhan adalah cara mendekatkan diri kepada Rabb yang paling baik dengan melakukan ibadah, ketaatan, penyucian jiwa, pembersihan hati dari berbagai macam bentuk keburukan.
  • Sambut Bulan Ramadhan dengan Agenda Terbaik
    Muslimah
    Rabu, 07 April 2021 - 08:15 WIB
    Bulan suci Ramadhan segera tiba. Ibarat menyambut tamu agung, sebagai muslim tentu kita perlu membuat agenda kegiatan yang akan dilaksanakan. Semua harus tampil maksimal sesempurna mungkin.