6 Keutamaan Membaca Surat Al Fath di Awal Ramadan

Jum'at, 15 Maret 2024 - 13:40 WIB
loading...
6 Keutamaan Membaca Surat Al Fath di Awal Ramadan
Ada banyak keutamaan membaca Surat Al Fath di awal Ramadan yang penting diketahui kaum muslim, salah satunya barang siapa yang membaca maka ia akan terjaga dari berbagai penyakit selama setahun. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Ada banyak keutamaan membaca Surat Al Fath di awal Ramadan yang penting diketahui kaum muslim. Surat Al-Fath sendiri merupakan surat ke-48 dalam susunan mushaf Al-Qur'an. Surat yang memiliki arti Kemenangan ini termasuk dalam surat Madaniyah atau surat yang diturunkan di Madinah.

Berikut keutamaan membaca Surat Al-Fath di bulan Ramadan yang dirangkum dari buku Terjemah dan Fadhilah Majmu' Syarif(2016), karya Rusdianto (2016), yakni :

1. Bila seseorang membaca Surat Al Fath di permulaan malam pada bulan Ramadan, maka ia akan terjaga dari berbagai penyakit selama setahun kemudian.

Hadisnya, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca surat Al-Fath pada awal bulan suci Ramadan, maka Allah akan memenangkan segala kemenangan baginya dan Dia akan membuka baginya pintu-pintu kebaikan." (HR. Ibnu Majah).

2. Apabila surat Al Fath dibaca pada tiga malam permulaan bulan Ramadan maka pembacanya akan diberi kelapangan rezeki dalam masa setahun kemudian.

3. Bila seseorang membaca surat ini secara terus-menerus setiap hari, maka ia akan ditemui Rasulullah dalam mimpi.

4. Barang siapa membacanya secara istiqamah hingga akhir hayatnya maka ia kelak berkumpul dengan orang yang mati syahid.
Hadisnya , Nabi Muhammad Shalllallahu alaihi wa sallam bersabda;
"Membaca surat al-Fath sama dengan pahalanya berperang syahid bersama Rasulullah semasa Fathu Makkah." Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Sa'labi.

5. Barang siapa yang membaca surat al-Fath sekali setiap selesai salat fardhu maka Allah akan memberikan kemenangan baginya dalam melawan godaan setan dan hawa nafsu.


Sedangkan, cara mengamalkan surat Al-Fath di bulan Ramadan menurut Ahmad (2005), dalam bukunya yang berjudul Mukjizat Surah-surah Al-Qur'an, yakni disunnahkan untuk membaca surat Al-Fath dan ayat ke-154 dari Surah Ali 'Imrán selama sepuluh hari sebanyak 11 kali setiap hari.

Demikian mengenai keutamaan surat Al-Fath ini. Semoga bermanfaat!

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)