Idulfitri: Allah Taala Menutup Kesalahan Kecil karena Menghindari Dosa Besar

Kamis, 11 April 2024 - 05:31 WIB
loading...
Idulfitri: Allah Taala Menutup Kesalahan Kecil karena Menghindari Dosa Besar
Allah Taala menutupi dosa kecil karena menghindari dosa besar. Ilustras: SINDOnews
A A A
Muhammad Quraish Shihab mengatakan untuk menutup dosa dengan pekerjaan tertentu, Al-Quran juga menggunakan istilah takfir. Kata ini, terambil dari kata kaffara yang berarti menutup.

Al-Quran mempergunakan kata kaffara dengan berbagai bentuknya sebanyak 14 kali (kecuali kaffarat), pelakunya ada1ah A11ah SWT.

"Yang empat kali itu selalu digandengkan dengan syarat melakukan amal-amal saleh, atau upaya meninggalkan dosa-dosa besar," ujar Quraish dalam bukunya berjudul " Wawasan Al-Quran " (Mizan, 2007).

Perhatikan misalnya firman Allah:

"Apabila kamu menghindari dosa-dosa besar yang dilarang untuk melakukannya, akan Kami tutupi kesalahan-kesalahanmu." ( QS Al-Nisa' [4] : 3l).

"Orang-orang yang beriman dengan beramal saleh pasti Kami tutupi kesalahan-kesalahan mereka ..." ( QS Al-'Ankabut [29] : 7)

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan beramal saleh, ditutupi kesalahan-kesalahannya." ( QS Al-Taghabun [64] : 9).



Dari keempat belas kali yang disebut itu, teramati pula tiga belas di antaranya dirangkaikan dengan kata as-sayyiat yang diterjemahkan sebagai kesalahan-kesalahan atau dosa-dosa kecil.

Hanya satu ayat yang tidak menyebutkan kata as-sayyiat, melainkan menggunakan istilah aswa' alladzi 'amilu (perbuatan terjelek yang mereka lakukan), yang pada hakikatnya dapat juga diartikan sebagai dosa-dosa kecil.

"Nah, dari sini dapat dipahami bahwa dosa-dosa kecil seseorang dapat ditoleransi oleh Allah SWT akibat adanya amal-amal saleh yang menutupinya," jelas Quraish.

Dalam konteks ini Nabi Muhammad SAW berpesan:

"Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada, dan susulkanlah kesalahan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu menghapusnya dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik. (HR At-Tirmidzi melalui sahabat Nabi Abu Dzar).
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)