Arab Saudi Gelar Perayaan Budaya selama Ramadan

Minggu, 17 Maret 2024 - 12:43 WIB
loading...
Arab Saudi Gelar Perayaan Budaya selama Ramadan
Abdul Hameed Shalabi, pemilik Sobia Bar, tempat dia membuat dan menyajikan sobia. (Foto Arab News)
A A A
JEDDAH - Arab Saudi menggelar perayaan budaya selama bulan suci Ramadan . Acara ini diselenggaran di distrik bersejarah Al-Balad di Jeddah .

Arab News melaporkan, di Al-Balad, bulan suci ini tidak hanya merayakan puasa dan salat , tetapi juga menyoroti warisan unik kota dan keramahtamahannya.

Diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan Saudi, acara Musim Ramadan tersebar di 30 zona aktivasi, termasuk restoran, kafe, kedai makanan tradisional, pertunjukan tradisional, lokakarya, pasar, pameran budaya, pengalaman interaktif, dan sudut khusus anak-anak.

Di pintu masuk Bab Al-Balad, pengunjung disambut dengan kopi tradisional Saudi dan pertunjukan tari cerita rakyat yang menawan, disertai dengan naik unta untuk anak-anak.



Saat berjalan-jalan di distrik ini, pengunjung dapat menyaksikan pembuat sepatu terampil, yang dikenal sebagai kharazon, memamerkan kerajinan mereka secara langsung untuk menyenangkan penonton.

Jalanan dipenuhi dengan stan pameran tradisional, mulai dari pabrik penggilingan yang memajang selimut, sofa, dan bantal hingga pedagang yang menyajikan peralatan kosmetik kuno, seperti kohl dan derm.

Saeed Al-Ghamdi, seorang kolektor mata uang yang memamerkan harta karunnya, berkata: “Saya menghargai suasana Ramadan yang semarak di Al-Balad, di mana masyarakat berkumpul untuk mengapresiasi dan belajar tentang mata uang.”

Dia menambahkan: “Selama lebih dari 55 tahun, saya telah mengabdikan diri pada pengumpulan mata uang, baik kertas maupun koin. Saya memiliki koin yang berumur lebih dari 1.500 tahun.”

Hanan Aljarwani, seorang desainer perhiasan dan seni, memikat pengunjung dengan demonstrasi sulaman langsung dan pameran karya indahnya.

Ibrahim Jaafar, pendiri Siwak Modern, untuk pertama kalinya mengambil bagian dalam bazar ini, memperkenalkan produk-produk inovatifnya dan mengedukasi pengunjung tentang pentingnya siwak, tongkat pembersih gigi tradisional.



“Miswak sudah penting sejak zaman Nabi Muhammad. Saat Ramadan, ada kecenderungan membeli siwak untuk digunakan saat puasa. Saya menawarkan produk ini dalam wadah yang nyaman dengan aliran udara untuk menjaga kesegaran dan kemudahan penggunaan kembali, yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat,” kata Jaafar.

Senada dengan itu, Hussein Al-Abdali, seorang pengrajin siwak terampil di Al-Balad sejak tahun 1960an, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kebudayaan yang telah menyediakan stan khusus untuk menjual siwak dan meningkatkan kesadaran akan manfaatnya.

Al-Abdali mengatakan bahwa batang siwak terbuat dari akar pohon arak yang banyak ditemukan di Arab Saudi, dan ia menawarkan berbagai jenis siwak untuk manfaat medis.

Bazaar ramai yang tersebar di seluruh distrik menawarkan berbagai produk, termasuk thobes, jalabiya, perhiasan, bakhoor, oud, parfum, mainan, dan lampu hias.

Maher, pendiri toko Wakan, berkata: “Ini menandai partisipasi ketiga saya dalam bazar Ramadhan di Al-Balad. Tahun ini, saya mempersembahkan koleksi unik oud dan parfum yang disempurnakan.”

Abdul Hameed Shalabi, pemilik Sobia Bar, telah menarik banyak orang ke tokonya, tempat dia membuat dan menyajikan sobia, minuman tradisional yang terbuat dari jelai, tepung, roti kering, dan gula yang sangat populer selama bulan Ramadhan.



“Saya berusaha untuk mengembalikan kenangan sobia selama Ramadhan dan mempromosikannya sebagai minuman sehat sepanjang tahun,” katanya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)