Bacaan Talbiyah untuk Jemaah Haji

Rabu, 08 Mei 2024 - 08:45 WIB
loading...
Bacaan Talbiyah untuk Jemaah Haji
Bacaan talbiyah untuk jemaah haji berdasar kesepakatan ulama. Ilustrasi: al Jazeera
A A A
Bacaan talbiyah untuk jemaah haji sebagai salah satu sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan jamaah haji atau umrah yang disepakati ulama dan sesuai dengan riwayat populer dari Rasulullah SAW :

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

Labbaikallahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik, innal-hamda wan-ni‘mata laka wal-mulk, la syarika lak

Artinya: Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya pujian dan nikmat adalah milik-Mu, begitu pula kerajaan [juga milik-Mu].

Masalah membaca lafal ini dapat dilakukan sendiri, bersamaan, atau boleh melalui komando hingga anggota/jemaah mengikutinya. Hal ini didasarkan pada sebuah hadis dari Ibn Mas’ud ra:

Dari ‘Abd ar-Rahman Ibn Yazid dan al-Aswad Ibn Yazid keduanya berkata: Kami mendengar ‘Abdullah Ibn Mas’ud berkata di Jam‘ (nama tempat): Aku mendengar orang (Nabi saw) yang diturunkan kepadanya surat al-Baqarah di tempat ini membaca Labbaikallahumma labbaik, sesudah itu ia membaca talbiyah dan kami pun ikut bertalbiyah (memulai ihram) [HR Muslim].

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)