Basim Khandaqji: Kisah Penulis Palestina yang Dipenjara Israel 3 Kali Seumur Hidup

Jum'at, 10 Mei 2024 - 05:30 WIB
loading...
Basim Khandaqji: Kisah Penulis Palestina yang Dipenjara Israel 3 Kali Seumur Hidup
Basim Khandaqji dan buku karyanya. Foto: PressTV
A A A
Dia adalah Basim Khandaqji. Penulis Palestina ini telah mendekam di penjara Israel selama 20 tahun terakhir. Baru-baru ini buku karyanya memenangkan Hadiah Internasional ke-17 untuk Fiksi Arab. Buku itu diterbitkan oleh penerbit yang berbasis di Lebanon, Dar al-Adab.

Di sini, hadirin sekalian, di mana Anda berdiri, terdapat reruntuhan dan sisa-sisa desa Sar'a, Arab Palestina. Kota itu dijarah, dan penduduknya, yang berjumlah 400 jiwa, diusir pada bulan Juli 1948. Ya, diusir. Sekarang, mereka mendekam sebagai pengungsi di kamp-kamp. Geng-geng Zionis menghancurkan desa tersebut, dan sebagai gantinya mendirikan Kibbutz Sar'a."

“Tidak ada pahlawan super… Tidak ada makam untuk pahlawan super. Di tempat Anda berdiri, yang ada hanyalah bencana dan orang-orang terusir dari tanah mereka.

Begitu kutipan dari buku pemenang penghargaan, “A Mask, the Colour of the Sky” yang ditulis Basim Khandaqji.



Menghadiri upacara penghargaan atas nama penulis, saudaranya Yousef Khandaqji mendedikasikan penghargaan sastra bergengsi tersebut kepada rakyat Palestina yang terguncang di bawah pendudukan Israel.

“Berbicara atas nama saudaraku tersayang, dia mendedikasikan kemenangan ini untuk seluruh rakyat Palestina,” katanya dalam pidato sang adik.

“Saya merindukannya setiap hari dan dia ada di hati kami setiap hari.”

Basim Khandaqji lahir di kota Nablus, Tepi Barat, pada tahun 1983. Pada tahun 2004, pasukan Israel menangkap penulis dan penyair terkenal tersebut. Kala itu Khandaqji berada di tahun terakhir gelar sarjananya di Departemen Jurnalisme dan Media di Universitas An-Najah.

Ia didakwa secara keliru dalam kasus bom bunuh diri di Tel Aviv pada tahun 2004. Saat ini ia menjalani tiga hukuman seumur hidup di penjara Israel.

Basim Khandaqji mungkin tidak menyadari bahwa dia memenangkan hadiah buku berbahasa Arab tertinggi karena keluarganya tidak diizinkan untuk bertemu dengannya sejak 7 Oktober 2023, ketika perlawanan Palestina melancarkan Operasi Badai Al-Aqsa melawan rezim Israel.



“Dia saat ini menjadi tahanan di penjara penjajah Israel, dan tidak ada sarana untuk berkomunikasi dengannya selama empat bulan terakhir,” kata saudaranya dalam wawancara dengan penyelenggara festival sastra bulan lalu, sebagaimana dikansir PressTV.

“Kami berharap dan berdoa agar dia dibebaskan secepat mungkin.”

Semangat Tangguh

Saat remaja di Tepi Barat yang diduduki, Khandaqji menulis cerita pendek. Setelah ditangkap pada usia 21 tahun, ia melanjutkan hasratnya untuk menulis bahkan dalam keadaan sulit di berbagai penjara Israel.

Ia “hanya menulis dari jam 5 pagi sampai jam 7 pagi, itulah yang dikatakan Basim kepada saya pada salah satu kunjungan bulanan yang hanya berlangsung selama 45 menit,” kata Yousef Khandaqji.

“Dia menulis sebelum administrasi penjara menghitung jumlah tahanan dan sebelum penjaga penjara mulai membuat keributan, dan dia mahir dalam menemukan cara-cara baru untuk melakukannya,” kata saudara laki-laki Basim.

“Dalam dua jam ini, Basim menulis kurang lebih dua halaman, dan seringkali kertas-kertas itu diambil darinya dan dimusnahkan oleh penjaga. Hal ini terjadi pada semua tahanan yang menulis surat selama dalam tahanan.”

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)