Pro-Palestina Luncurkan Operasi Pemblokiran Akun Selebritas yang Tak Posting Isu Gaza

Senin, 13 Mei 2024 - 05:15 WIB
loading...
A A A
"Kami menghukummu dengan digitine."



Segera setelah itu, ratusan komentar menyerukan agar video tersebut menjadi serial dan pengguna media sosial mulai mengumpulkan dan membagikan selebritas dan influencer tersebut. Salah satu pengguna TikTok bahkan menyiapkan spreadsheet berisi berbagai angka online untuk dijadikan referensi sebagai bagian dari "Operasi Blockout".

Beberapa pengguna menyerukan agar musisi diblokir di platform media sosial serta layanan streaming seperti Spotify.

"Hip-Hop seharusnya MELAWAN kekuatan supremasi kulit putih, kapitalisme, dan penindasan," kata pengguna lain. “Bukannya melawan, artis-artis rap populer ini malah menjual budaya kita demi keuntungan mereka sendiri. Mereka juga perlu diblokir dan diboikot.”

Seruan untuk memblokir selebritas dan influencer media sosial telah melampaui TikTok, dengan pengguna X berbagi video dan postingan dengan tagar #Blockout2024.

Solidaritas Performatif

Ketika banyak selebritas masuk dalam daftar Operasi Blockout, beberapa di antaranya mulai mengunggah tentang situasi kemanusiaan di Gaza dan Sudan.

"Tekanan sosial sejauh ini berdampak pada Lizzo dan Hank Green dalam beberapa hari terakhir, serta banyak pembuat konten yang belum angkat bicara," jawab salah satu pengguna saat ditanya tentang efektivitas kampanye tersebut.

Dalam video berdurasi delapan menit, Haley meminta maaf atas pilihan suaranya, menjelaskan bahwa dia sebenarnya tidak menghadiri Met Gala.



Dia menambahkan bahwa hal-hal yang terjadi di dunia sangat membebani hati setiap orang: “Pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah sedang sekarat, orang-orang tidak memiliki akses terhadap makanan dan air, orang-orang diusir dari rumah mereka.”

Bintang pop Amerika Lizzo berbagi kampanye GoFundMe untuk sebuah keluarga Palestina yang mengumpulkan uang untuk mencoba melarikan diri dari Gaza, dan kampanye lainnya untuk bantuan kemanusiaan ke Sudan. Dia mengatakan dia menyumbang dan membagikan tautan ke kampanye di akun TikTok miliknya.

Meskipun beberapa orang telah menerima isyarat tersebut, yang lain menolaknya sebagai tindakan solidaritas yang performatif untuk menjauhkan mereka dari daftar pemblokiran.

Selebritas seperti Lizzo dan banyak lagi kini keluar untuk 'mendukung' Palestina setelah tren #blackout2024 di mana pendukung Palestina memblokir selebritas yang telah mendukung Israel atau diam terhadap Palestina," tulis seorang pengguna, menambahkan: "Lizzo telah mendukung Biden dan Israel dalam masa lalu"

Beberapa pengguna menggarisbawahi bahwa tokoh-tokoh seperti Lizzo mempunyai sarana untuk mensnyeponsori pelarian seluruh keluarga dari wilayah yang dilanda perang, namun hanya menyumbang sebagian untuk kampanye.

Pengguna lain berpendapat bahwa fokusnya tidak boleh tertuju pada selebritas dan energi ini lebih baik difokuskan pada politisi.



“Kami melakukan apa yang kami lakukan dengan BLM: memfokuskan seluruh energi kami untuk mempermalukan selebritas alih-alih secara aktif menekan politisi kami,” tulis salah satu pengguna dalam diskusi Reddit, merujuk pada Black Lives Movement.

"Saya melihat orang-orang mencoba membatalkan Gigi Hadid karena tidak bersuara dan mempertanyakan etnisnya, dengan sengaja melupakan bahwa keluarganya dibohongi dan diancam secara terbuka di halaman resmi pemerintah Israel."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)