3 Amalan yang Dapat Menghapus Dosa dan Meninggikan Derajat

loading...
3 Amalan yang Dapat Menghapus Dosa dan Meninggikan Derajat
Allah dan Rasul-Nya mengingatkan manusia agar memperbaiki amalannya sehingga kelak di hari Kiamat ia mendapat tempat mulia. Foto/dok SINDOnews
Seorang muslim hendaknya memperbanyak amal saleh sebagai bekal terbaik baginya ketika maut menjemput. Allah dan Rasul-Nya mengingatkan agar manusia berbuat kebajikan, menyempurnakan amalannya agar kelak di hari Kiamat ia mendapat tempat mulia.

Dalam Surah Al-Kahfi ayat 110, Allah berfirman:

قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا

"Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabb-nya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Rabb-nya." (Baca Juga: 3 Hal yang Dapat Meraih Kebaikan di Dunia dan Akhirat )

KH Ahmad Busyairi Nafis dalam khutbah Jumat di Masjid Nurul Hidayah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menyampaikan tiga amalan yang dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat. Beliau menukil salah satu hadits yang diriwayat Imam Muslim.

Rasulullah SAW bersabda: "Tidakkah kau ingin aku beri tahu hal yang bisa gugurkan dosa dan tinggikan derajat kalian di sisi Allah Ta'ala?" Sahabat berkata: "Iya Rasulullah". Kemudian Nabi SAW berkata: 3 perkara yang pertama sempurnakan wudhu ' dalam kondisi susah". Saat cuaca ekstrem dingin atau panas sekali tapi dengan ilmu terus jaga wudhu'. Sempurnakan wudhu' adalah amalan yang dapat menghapus dosa dan tinggikan kedudukan.

Kedua, perbanyak langkah ke rumah Allah (masjid dan mushalla). Dan yang ketiga menunggu salat setelah selesai laksanakan salat sebelumnya, contohnya menunggu waktu salat Isya selesai salat Maghrib. 3 perkara ini bisa menghapus dosa dan meninggikan derajat kita. (Baca Juga: 3 Amalan Paling Utama, Apa Saja? )

Dalam ayat Al-Qur'an, Allah Ta'ala mengatakan: "Jagalah". Firman Allah Ta'ala: "Jagalah salat 5 waktu dan salat Ashar". Ini waktu Malaikat pagi dan sore yang silih berganti catat amalan manusia selain salat Subuh (fajar). Salat subuh disaksikan para Malaikat. Ashar adalah saat Malaikat saling bertemu pada salat Ashar di masjid atau mushalla.

Sehingga seorang hamba menjaga amal kebajikannya, maka ia akan mendapat perlindungan dan dan Allah Ta'ala akan menyertainya. Bagaikan seorang yang punya harta berharap hartanya dijaga. Punya kesehatan berharap dijaga dan dilindungi. Punya jabatan berharap dijaga dan dipelihara.

Semua ini perlu penjagaan. Semoga kita diberi taufik agar bersemangat menjalankan amal saleh. (Baca Juga: 7 Amalan Hebat yang Dicintai Allah dan Rasul-Nya )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
وَاِنَّا لَنَعۡلَمُ اَنَّ مِنۡكُمۡ مُّكَذِّبِيۡنَ‏
Dan sungguh, Kami mengetahui bahwa di antara kamu ada orang yang mendustakan (Al-Qur'an).

(QS. Al-Haqqah:49)
cover bottom ayah
preload video