Penerbangan Sering Delay, Ketua PPIH Minta Maskapai Kooperatif

Jum'at, 28 Juni 2024 - 14:33 WIB
loading...
Penerbangan Sering Delay, Ketua PPIH Minta Maskapai Kooperatif
Penerbangan Sering Delay, Ketua PPIH Minta Maskapai Kooperatif/MCH 2024
A A A
Sebanyak 111 kelompok terbang (kloter) dengan 43.000 jemaah haji Indonesia kembali ke Tanah Air usai menyelesaikan puncak ibadah haji. Namun, kepulangan jemaah haji Indonesia diwarnai keterlambatan dari pihak maskapai jasa penerbangan. Ini menjadi perhatian khusus bagi Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam.

"Kepada maskapai, baik Garuda maupun Saudia, agar kooperatif dan hadir di tengah-tengah jemaah ketika ada delay. Karena ketika ada delay tentu yang bisa menjelaskan secara spesifik pihak penerbangan, bukan PPIH," tutur Nasrullah pada Tim Media Center Haji (MCH) pada Kamis (27/6/2024).



Ia mengimbau agar agar pihak maskapai dapat menginformasikan jauh hari. "Kita selalu ingatkan bahwa tentu kalau alasan keamanan kita akan bisa menerima, tetapi agar diinfokan jauh-jauh hari sebelumnya, atau jauh sebelum take-off karena delay itu dampaknya ya bukan hanya keselamatan tapi juga layanan yang lainnya," ujarnya.

Termasuk adanya keterlambatan dari pihak penerbangan."Ada beberapa penerbangan yang sempat delay kemudian dialihkan ke Madinah. Sekarang semuanya berjalan lancar," lanjutnya.

Dikatakan Nasrullah, sampai dengan saat ini PPIH Arab Saudi selalu mengecek jadwal setiap hari, memastikan jadwal itu sudah definitif tidak berubah lagi.
"Walaupun nanti misalnya berubah karena alasan cuaca, karena alasan keamanan, tentu agar diberitahukan jauh sebelum take-off, sehingga kita bisa menyesuaikan. Karena memang kalau ada delay, itu menjadi tanggung jawab maskapai," tandasnya.

Kepada jemaah, Ketua PPIH berpesan agar mengikuti ketentuan barang bawaan sebagai upaya perlindungan jemaah. "Semua demi kelancaran proses pemulangan jemaah baik dari Bandara Jeddah maupun Madinah, kami harap jemaah dapat mengikuti ketentuan barang bawaan seperti di bagasi dan di dalam koper," pungkasnya.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)
pixels