Hukum Bacaan Tajwid Surat Ar Rum Ayat 21, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Baca

Senin, 22 Juli 2024 - 09:46 WIB
loading...
Hukum Bacaan Tajwid...
Surah Ar Rum merupakan surah ke-30 dalam Al Quran yang memiliki 60 ayat dan termasuk dalam golongan surah-surah Makkiyah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bacaan tajwid surat Ar Rum ayat 21 ini dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi setiap umat muslim yang tengah mendalami ilmu tajwid. Karena menerapkan hukum bacaan ketika membaca Al Quran hukumnya adalah wajib.

Surah Ar Rum merupakan surah ke-30 dalam Al Quran yang memiliki 60 ayat dan termasuk dalam golongan surah-surah Makkiyah.

Surat Ar Rum ayat 21 ini menjelaskan jika Allah SWT telah menciptakan manusia pasangan-pasangan laki-laki dengan perempuan dan sebaliknya, agar dapat menumbuhkan rasa cinta dan merasa tenteram setelah disatukan dalam ikatan pernikahan .

Surat Ar Rum Ayat 21

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ


Wa min Aayaatihiii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawad datanw wa rahmah; inna fii zaalika la Aayaatil liqawminy yatafakkaruun

Artinya : "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir."

Tajwid Surat Ar Rum Ayat 21

1.
وَمِنۡ اٰ


Idzhar halqi, karena ada nun mati bertemu dengan alif. Dibaca jelas.

2.
اٰيٰتِهٖۤ اَ


Mad badal, pengganti dari huruf yang semula bertemu dengan hamzah mati di hadapannya, baris vertikal itu pengganti dari huruf yang semula. Dibaca panjang 2 harakat.

Mad tabi'i, terdapat ya bertemu dengan alif kemudian alifnya dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang. Dibaca panjang 2 harakat.

Mad shilah tawilah, mad shilah khoshiroh bertemu hamzah. Dibaca panjang 2 sampai 5 harakat.

3.
اَنۡ خَلَقَ


Idzhar halqi, karena ada nun mati bertemu dengan kho. Dibaca jelas.

4.
لَكُمۡ مِّنۡ


Idghom mutamasilain, terdapat mim sukun bertemu dnegan mim. Dibaca dengan cara mim mati dimasukan ke huruf mim yang kedua serta ditahan dengan dengung.

5.
مِّنۡ اَ


Idzhar halqi, karena ada nun mati bertemu dengan alif. Dibaca jelas.

6.
كُمۡ اَ


Idzhar syafawi, sebab ada mim sukun bertemu dengan huruf alif. Dibaca jelas.

7.
اَنۡفُسِكُمۡ


Ikhfa, terdapat nun sukun bertemu dengan huruf fa. Dibaca dengan cara ditahan serta dengung condong ke huruf "M".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)