Adab Berdoa yang Jarang Diperhatikan

loading...
Adab Berdoa yang Jarang Diperhatikan
Ketika kita berdoa hendaknya kita fokuskan hanya kepada Allah Taala semata, jauhkan pikiran kita kepada hal-hal lainnya. Foto ilustrasi/ist
Dalam berdoa, seorang muslim memiliki adab-adab tertentu di hadapan Allah Subhanahu wa ta'ala. Allah memerintahkan kita untuk senantiasa beradab di depan-Nya. Para ulama pun menjelaskan tentang adab dan etika dalam berdoa agar dikabulkan, sebagaimana tuntutan dalam Al-Qur‘an dan Hadis.

Al-Baghawi rahimahullah berkata, “Ada etika dan syarat-syarat dalam berdoa yang merupakan sebab dikabulkannya doa. Barangsiapa memenuhinya, maka dia akan mendapatkan apa yang diminta dan barangsiapa mengabaikannya, dialah orang yang melampaui batas dalam berdoa; sehingga doanya tidak berhak dikabulkan”. (Baca juga : Di Posisi Manakah Kondisi Hati Kita? )

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,“Kedua ayat berikut mencakup adab-adab berdoa dengan kedua jenisnya ( doa ibadah dan doa permohonan ), yaitu firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ



”Berdoalah kepada Tuhanmu dengan merendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS Al-A‘raf :55-56)

Namun dalam mempraktekkannya, seringkali kita kurang memperhatikan adab berdoanya ini. Dalam sebuah hadis Qudsi meriwayatkan Allah berfirman:

“Hamba-Ku, apakah memang perbuatan kamu, menyuruh Aku tetapi perhatianmu ke kanan dan ke kiri. Kemudian engkau berbicara dengan sesama hamba-Ku yang lain. Engkau mengerahkan seluruh perhatianmu kepadanya dan engkau tinggalkan Aku?”

Dari hadis ini, ternyata ada beberapa adab berdoa yang jarang diperhatikan atau bahkan nyaris terabaikan, di antaranya:

1. Fokuskan hanya pada Allah
halaman ke-1
cover top ayah
فَاصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعۡ مِنۡهُمۡ اٰثِمًا اَوۡ كَفُوۡرًا‌ۚ‏
Maka bersabarlah untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka.

(QS. Al-Insan:24)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!