6 Surat Al Quran yang Dianjurkan Dibaca Sebelum Tidur, Lengkap dengan Keutamaan yang Didapat

Selasa, 06 Agustus 2024 - 15:14 WIB
loading...
A A A
Hal ni berdasarkan hadis dari ibunda ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha,

كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيلَةٍ جَمَعَ كَفَّيهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُل هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) و ( قُل أَعُوذُ بِرَبِّ الفَلَقِ ) و ( قُل أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ، ثُمَّ يَمسَحُ بِهِمَا مَا استَطَاعَ مِن جَسَدِهِ ، يَبدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأسِهِ وَوَجهِهِ وَمَا أَقبَلَ مِن جَسَدِهِ ، يَفعَلُُ ذَلكَ ثَلاثَ مَرَّاتٍ


“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam biasanya ketika akan tidur di setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangan kemudian meniup keduanya dan membaca (Qul huwallahu’ahad) dan (Qul a’udzubi rabbil falaq) dan (Qul a’udzubirobbin nass). Kemudian mengusap tubuh dengan keduanya semaksimal mungkin, dimulai dari kepala dan wajahnya, serta bagian depan tubuhnya. Hal itu dilakukan sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

Cara melakukannya yaitu membaca surat Al-Ikhlas, An-Naas, dan Al-Falaq, kemudian meniupkan ke kedua telapak tangan, kemudian diusapkan ke seluruh badan, dimulai dari kepala dan wajah. Hal ini diulang sebanyak tiga kali.

5. Surat Al Kafirun

قُلْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْكَٰفِرُونَلَآ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَوَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُوَلَآ أَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْوَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُلَكُمْ دِينُكُمْ وَلِىَ دِينِ


Artinya: Katakanlah: “Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda kepada Naufal,

اقْرأ : قُلْ يا أيُّها الكافِرُونَ ثُمَّ نَمْ على خاتِمَتِها فإنَّها بَرَاءَةٌ مِنَ الشِّرْكِ


“Bacalah Qul Yaayyuhal Kafirun (Surat Al-Kafirun), kemudian tidurlah setelah selesai membacanya, karena ia dapat melepaskan dari kesyirikan.” (HR. Abu Dawud, sahih)

6. Surat Al Mulk

Surat Al Mulk yang terdiri dari 30 ayat juga menjadi surat yang dianjurkan dibaca sebelum tidur karena memiliki sejumlah keutamaan.

Pada sejumlah hadis disebutkan bahwa surat Al Mulk kelak bisa melindungi dan membela pembacanya dari siksa kubur. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Surah Al-Mulk adalah surah yang memiliki tiga puluh ayat dan menyelamatkan orang yang membacanya dari siksa kubur." (HR An-Nasa'i).

Selain itu, dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa salah seorang sahabat Nabi Saw pernah membuat tenda di dekat sebuah kuburan, padahal ia tidak mengetahui bahwa tempat itu adalah kuburan. Kemudian, ia baru menyadari bahwa itu adalah kuburan seseorang dan ia mendengarnya sedang membaca surat Al-Mulk hingga khatam.

Segera, ia datang kepada Nabi SAW dan bertanya, "Wahai Rasulullah, aku telah memasang tendaku di dekat sebuah kuburan, sedangkan aku tidak menyadari bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba kudengar dari dalamnya seseorang membaca surat Al-Mulk sampai selesai."

Itulah beberapa surat dalam Al Quran dianjurkan dibaca sebelum tidur. Sebaiknya setiap muslim mulai menjalankan amalan ini supaya mendapat berbagai keutamaan yang ditawarkan.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)