Imran Khan Bertarung dari Penjara untuk Jabatan Rektor Oxford

Rabu, 07 Agustus 2024 - 08:06 WIB
loading...
Imran Khan Bertarung...
Imran Khan. Foto: MEE
A A A
Imran Khan bersaing dengan Tony Blair dan Boris Johnson untuk menjadi Rektor Oxford . Tidak seperti dua mantan pemimpin dunia lainnya, mantan perdana menteri Pakistan ini bertarung dalam pemilihan umum dari penjara.

Imran Khan telah memegang banyak gelar bergengsi selama 71 tahun hidupnya.

Ia adalah kapten tim kriket Pakistan , memenangkan Piala Dunia 1992. Lebih dari dua dekade kemudian ia menjadi perdana menteri Pakistan.

Kini Imran Khan mengincar gelar lain: Rektor Universitas Oxford yang elite di Inggris . Ia berencana mencalonkan diri, setelah Chris Patten mengundurkan diri. Chris Patten adalah mantan gubernur Hong Kong. Ia sudah berusia 80 tahun.

Rektor adalah kepala universitas dan dipilih oleh anggota dan alumni Oxford.

Menurut Middle East Eye atau MEE, mantan perdana menteri Pakistan ini akan bersaing dengan banyak kandidat terkenal lainnya, termasuk dua mantan perdana menteri Inggris: Tony Blair dan Boris Johnson.



Ketiga pria tersebut merupakan lulusan Oxford. Namun, tidak seperti pesaingnya dari Inggris, Imran Khan akan bertarung dalam pemilihan umum dari sel penjara.

Ia menjalani hukuman 10 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah membocorkan rahasia negara. Laporan PBB baru-baru ini menyimpulkan bahwa penahanannya bersifat sewenang-wenang dan melanggar hukum internasional.

Setelah dicopot dari kekuasaan melalui mosi tidak percaya yang didukung militer pada April 2022, Imran Khan ditangkap pada Mei 2023 dan sejak itu terlibat dalam lebih dari 150 kasus hukum. PBB telah menyerukan agar Imran Khan dibebaskan segera.

Imran Khan menghabiskan waktunya di penjara dengan membaca buku-buku, termasuk studi sejarah dan novel-novel Tolstoy.

Kini ia terbiasa dengan kampanye dari penjara. Meskipun dipenjara, partainya, Tehreek-e-Insaf, memenangkan kursi terbanyak di parlemen dalam pemilihan umum Pakistan pada bulan Februari.



Hubungan Khan dengan Oxford

Imran Khan memiliki hubungan yang sudah lama dengan Oxford. Setelah ditolak oleh Universitas Cambridge, pada tahun 1972 Khan pergi ke Oxford untuk belajar Filsafat, Politik, dan Ekonomi, lulus pada tahun 1975. Selama di sana, ia menjadi kapten tim kriket universitas tersebut.

Setelah mencapai ketenaran kriket di seluruh dunia pada tahun 1990-an, pada awal tahun 2000-an Imran Khan mengubah dirinya menjadi politisi Pakistan yang paling kritis terhadap apa yang disebut "perang melawan teror" yang dipimpin AS - termasuk keterlibatan Inggris dalam invasi Afghanistan dan Irak serta penggunaan pesawat tanpa awak pembunuh di Pakistan.

Blair adalah perdana menteri Inggris saat itu dan memainkan peran utama dalam intervensi Barat di Timur Tengah, Afghanistan, dan sekitarnya.

“Bagaimana Blair bisa membebaskan dirinya dari kematian ribuan warga Irak akibat invasi yang dipimpin AS-Inggris dan kekacauan yang terjadi di wilayah tersebut?” tanya Khan pada tahun 2016.

Sekarang kedua musuh politik tersebut bersaing untuk jabatan yang sama - dalam situasi yang sangat berbeda.



Johnson, yang juga diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai kanselir, adalah perdana menteri Inggris sementara Khan memimpin Pakistan.

Rektor Oxford biasanya adalah alumni universitas dan sering kali mantan politisi. Mereka diharapkan bertindak sebagai duta besar untuk universitas tersebut.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)