15 Contoh Kegiatan Maulid Nabi, dari Pengajian hingga Menyantuni Anak Yatim

Kamis, 12 September 2024 - 10:45 WIB
loading...
15 Contoh Kegiatan Maulid...
Sejumlah kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini umumnya kerap diadakan setahun sekali di lingkungan masyarakat, dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW. Foto ilustrasi/ist
A A A
Sejumlah kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini umumnya kerap diadakan setahun sekali di lingkungan masyarakat, dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW tentu akan erat kaitannya dengan hal-hal yang dapat meningkatkan ketaqwaan setiap muslim. Misalnya dengan mengadakan acara tausiyah, ceramah, hingga santunan ke anak yatim.

Kegiatan yang dilakukan pada saat Maulid Nabi ini merupakan salah satu tradisi yang telah lama berkembang di wilayah-wilayah mayoritas muslim. Kegiatan ini akan dilakukan di sejumlah tempat, baik itu tempat ibadah hingga sekolah-sekolah.

15 Contoh Kegiatan Maulid Nabi

1. Pengajian

Pengajian atau tausiyah ini biasanya kerap diadakan di sekolah maupun masjid dengan isi kajian terkait kisah-kisah Nabi Muhammad SAW. Bertujuan supaya siswa atau masyarakat lebih mengenal siapa nabinya.

2. Perlombaan

Ketika maulid Nabi umumnya akan diselenggarakan berbagai jenis lomba mulai dari lomba adzan, MTQ, kaligrafi, hingga cerdas cermat yang menguji pengetahuan peserta tentang sejarah Nabi Muhammad SAW.

3. Pawai Maulid Nabi

Dalam pawai Maulid Nabi, anak-anak usia sekolah bisa diajak berkeliling dengan memakai aneka jenis kostum islami sembari mengumandangkan shalawat bersama.

4. Tadarus

Tadarus atau membaca kitab suci Al Quran ini bertujuan untuk memperoleh keberkahan bersama serta memetik pembelajaran penting dari kitab suci.

5. Pawai Obor

Pawai obor menjadi kegiatan rutin yang dilakukan banyak kelompok masyarakat untuk menyambut Maulid Nabi. Pawai obor ini bisa diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa ketika petang.

6. Hadrah

Ini adalah salah satu bentuk tradisi kesenian Islam yang masih digemari oleh masyarakat di berbagai tempat. Hadrah berupa tarian dan/atau nyanyian yang diiringi dengan rebana.

7. Berdoa Bersama

Biasanya di lingkungan desa atau sekolah akan menggelar doa bersama. Acara ini biasanya juga akan diselingi dengan makan-makan bersama.

8.Berselawat


Membaca Selawat pada saat Maulid Nabi ini, biasanya akan dilakukan bersama-sama banyak umat Islam dan akan dipimpin para ulama.

9. Membaca Kitab Maulid

Dalam tradisi umat Islam yang khususnya ada di Indonesia akan ada acara membaca syair dari kitab maulid, seperti Maulid Barzanji, Maulid Simtudduror, atau Maulid Diba.

10. Bakti Sosial

Tidak hanya melakukan hal-hal yang berkaitan dengan agama, ketika Maulid Nabi akan dilakukan juga berbagai acara bakti sosial untuk membantu sesama muslim yang terkena musibah.

11. Diskusi Agama

Sebagai umat yang berintelektual, sudah seharusnya jika ilmu-ilmu agama dipelajari dan dikaji bersama agar membuahkan manfaat yang besar bagi banyak orang.

12. Sedekah

Salah satu sifat keteladanan nabi yang harus ditiru adalah sifatnya yang suka beramal untuk kebaikan umat manusia ketika sedang berada dalam kesusahan.

13. Kerja Bakti

Kegiatan sosial yang biasa dilakukan di kala Maulid Nabi adalah kerja bakti, yang merupakan gotong royong menjaga kebersihan lingkungan.

14. Tabligh Akbar

Jika pengajian dilakukan untuk skala yang kecil, maka kegiatan ini diadakan dengan mendatangkan penceramah yang memberikan nasihat-nasihat agama kepada orang banyak.

15. Menyantuni Anak Yatim

Nabi Muhammad lahir dalam keadaan yatim, karena Ayahnya meninggal sewaktu beliau masih berada di dalam kandungan ibunya. Selain mengingatkan kepada junjungan Rasulullah SAW, kegiatan ini juga merupakan bentuk memperbanyak amal saleh.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)