Khotbah Jumat Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Jum'at, 13 September 2024 - 05:15 WIB
loading...
Khotbah Jumat Tentang...
Khotbah Jumat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW, terlebih, umat Islam akan segera memperingati hari kelahiran Rasulullah Saw tersebut tepat pada 16 September 2024 mendatang. Foto ilustrasi/ist
A A A
Khotbah Jumat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW menarik untuk disimak. Terlebih, umat Islam akan segera memperingati hari kelahiran Rasulullah Saw tersebut tepat pada 16 September 2024 mendatang.

Pada awal September ini, umat Islam memasuki bulan Rabiul Awal 1446 H. Bagi sebagian umat Muslim di Indonesia, bulan ini juga biasa dikenal sebagai Bulan Maulid .

Adapun alasannya karena di bulan penuh berkah dan kemuliaan ini, Nabi Muhammad SAW dilahirkan.Berikut ini contoh naskah khotbah Jumat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW sebagaimana dinukil dari laman Kementerian Agama RI, Kamis (12/9/2024).

Khotbah Jumat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Khotbah I

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَلِعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُه. خَيْرَ نَبِيٍّ أَرْسَلَهُ. أَرْسَلَهُ اللهُ إِلَى الْعَالَـمِ كُلِّهِ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً وَسَلَامًا دَائِمَيْنِ مُتَلَازِمَيْنِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن. أَمَّا بَعْدُ فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ


Hadirin jamaah salat Jumat hafidhakumullah,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala karunia yang telah dilimpahkan selama ini. Terutama nikmat iman dan islam, sehingga sampai saat ini kita masih menjadi seorang muslim dan mudah-mudahan akan terus disandang hingga akhir hayat nanti.

Tak lupa, kita panjatkan pula shalawat dan salam kepada baginda Rasulullah saw. Semoga kita menjadi golongan hamba yang pandai bersyukur dan kelak mendapatkan syafaat dari beliau di hari kiamat. Amin.

Jamaah jumat yang berbahagia,

Saat ini, kita berada di bulan Rabiul Awal yang di Indonesia juga sering disebut sebagai bulan Maulid. Di bulan mulia ini, marilah kita mengingat satu peristiwa penting, yakni tentang kelahiran manusia pilihan Allah yang menjadi rahmat bagi seluruh alam, Nabi Muhammad SAW.

Mengingat di sini diartikan sebagai mempelajari sejarah perjuangannya dalam mendakwahkan agama Islam, meneladani kebaikan-kebaikan akhlaknya hingga mengikuti sunnah-sunnahnya. Selain itu, kita juga dianjurkan memperbanyak bacaan shalawat atasnya agar kelak termasuk orang-orang yang selalu mencintai dan dicintai oleh rasulullah dan akan mendapatkan syafaatnya di dunia sampai di akhirat kelak.

Ma’asyiral muslminin wazumratal mu’minin hafidhakumullâh,

Nabi Muhammad adalah manusia pilihan Allah sebagai utusan di muka bumi. Beliau bukan hanya diutus untuk kalangan bangsa Arab, namun seluruh manusia bahkan alam semesta. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat as-Saba’ ayat 28:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يَعْلَمُونَ


“Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.” (QS. As-Saba: 28).

Imam al-Baidhawi dalam kitab tafsirnya menyebut sebab pengutusan Nabi Muhammad sebagai rahmat dan kasih sayang bagi seluruh alam ialah karena beliau memang diutus di muka bumi ini sebagai sumber kebahagiaan dan kebaikan bagi kehidupan manusia lain di dunia maupun akhirat kelak.

Lalu, ditegaskan Imam Ibnu ‘Abbas yang menyebutkan dalam tafsirnya bahwa siapa pun yang menerima ajaran kasih sayang dari Nabi Saw dan mensyukurinya, maka ia akan bahagia hidupnya. Sebaliknya, mereka yang menolak dan ingkar akan merugi selama hidupnya.

Maasyiral Muslimin rahimakumullah,

Kehadiran Nabi Muhammad Saw ke dunia ini juga membawa misi memperbaiki akhlak manusia. Rasulullah Saw bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari, Baihaqi, dan Hakim:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخَلاقِ


“Sungguh aku diutus menjadi Rasul untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)