alexametrics

Jadilah Orang yang Merasa Diawasi Allah

loading...
Jadilah Orang yang Merasa Diawasi Allah
Imam Al-Ghazali (1058-1111) memberi nasihat agar kita senantiasa merasa diawasi Allah Ta'ala. Foto Ilusrasi/Dok SINDOnews
Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali (1058-1111) memberikan nasihat indah dalam Kitab Bidayatul Hidayah. Ulama besar bernama lengkap Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali mengatakan kedekatan seorang hamba di sisi Allah tergantung bagaimana ia menempatkan Allah di hatinya.

Ketahuilah bahwa perintah Allah ada yang wajib dan ada yang sunnah. Yang wajib merupakan harta pokok sebagai modal perdagangan yang dengannya bisa selamat. Sementara yang sunah merupakan laba yang dengannya kita bisa meraih derajat mulia.

Dalam satu hadits Qudsi, Allah Ta'ala berfirman: "Tidaklah orang-orang mendekatkan diri pada-Ku dengan melaksanakan apa yang Kuwajibkan pada mereka, dan tidaklah seorang hamba mendekatkan diri padaku dengan amal­amal sunah, sehingga Aku mencintainya. Jika Aku sudah mencintainya, maka Aku menjadi telinganya yang mendengar, matanya yang melihat, lidahnya yang berbicara, tangannya yang memegang, dan kakinya yang berjalan."



Kata Imam Al-Ghazali, seseorang tidak akan dapat menegakkan perintah Allah, kecuali dengan senantiasa mengawasi hati dan anggota badanmu pada setiap waktu dan setiap tarikan nafas dari pagi hingga sore.

"Allah Ta'ala menangkap isi hatimu, mengawasi lahir dan batinmu, mengetahui semua lintasan pikiranmu, langkah-langkahmu, serta diam dan gerakmu. Saat bergaul dan menyendiri, engkau sedang berada di hadapan-Nya. Tidak ada yang diam, dan tak ada yang bergerak, melainkan semuanya diketahui oleh penguasa langit, Allah Ta'ala," kata Al-Ghazali.

Ini sejalan dengan firman-Nya: "Dia mengetahui khianatnya mata dan apa yang disembunyikan hati". (QS Ghafir: 19). Ayat lain berbunyi: "Dia Maha Mengetahui yang rahasia dan tersembunyi". (QS Thaha: 7).

Karena itu, hendaklah engkau beradab di hadapan Allah dengan adab seorang hamba yang hina dan berdosa di hadapan-Nya. Berusahalah agar Allah tidak melihatmu sedang melakukan sesuatu yang dilarang.

"Berusahalah membagi waktu dan mengatur wirid-wiridmu dari pagi hingga petang. Jagalah perintah Allah Ta'ala yang diwajibkan kepadamu, sejak dari bangun tidur hingga engkau kembali ke pembaringan," demikian nasihat Imam Al-Ghazali.
(rhs)
cover top ayah
وَزَكَرِيَّاۤ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرۡنِىۡ فَرۡدًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡوٰرِثِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, "Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik."

(QS. Al-Anbiya:89)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak