Misteri Baalbek, Kota yang Lagi Dibicarakan karena Ledakan Massal Pager

Rabu, 18 September 2024 - 18:48 WIB
loading...
Misteri Baalbek, Kota...
Baalbek menjadi berita utama di seluruh dunia karena ledakan pager massal itu. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Pada Selasa, 18 September 2024, kemarin terjadi ledakan massal pager genggam di seluruh Lebanon . Setidaknya 9 orang tewas dan 2.750 orang lainnya luka parah. Sebagian besar korban luka terjadi di wajah, mata, tangan, dada, dan pinggang.

Di Rumah Sakit Dar al-Amal, sebuah pusat medis terkemuka di Baalbek, sebuah kota di Lembah Bekaa, dan Rumah Sakit Chtoura di pertengahan Bekaa, warga sipil yang terluka dan keluarga mereka memenuhi fasilitas yang ada.

Baalbek menjadi berita utama di seluruh dunia karena ledakan pager massal itu. Selanjutnya mari kita mengenal lebih dalam tentang Baalbek.



Bertengger di atas gundukan tinggi yang menghadap ke Lembah Bekaa yang subur di Lebanon, terdapat Baalbek, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan rumah bagi reruntuhan salah satu situs keagamaan Romawi terbesar. Barisan tiang yang tersisa telah menjadi lambang nasional.

Kompleks keagamaan ini telah menarik wisatawan selama berabad-abad, yang ingin menyaksikan dan mengklaim sendiri kekuatan Kekaisaran Romawi.

Kekuasaan Romawi di sini selama 300 tahun. Namanya terbentuk dari dua kata: Baal, penguasa para dewa Semit dan pendahulu Zeus dan Jupiter; dan nebek, kata Aram untuk sumber. Bangsa Romawi mengenalnya dengan nama Yunaninya, Heliopolis, yang berarti “kota matahari”.

Menurut Middle East Eye atau MEE, Baalbek juga merupakan kota modern dan hidup di mana lebih dari 80.000 orang tinggal dan bekerja.

Vali Mahlouji, kurator “Baalbek, Arsip Keabadian,” bertujuan untuk mengubah pandangan sepihak terhadap situs ini. Ditampilkan di Museum Sursock Beirut, pameran ini menelusuri serangkaian sejarah, yang meliputi asal muasal situs kuno yang misterius, popularitasnya, perampasan barat, identitas politiknya, dan realitas kontemporer.



“Baalbek berasal dari masa ketika manusia menetap dan tidak banyak yang terus menetap dan memiliki sejarah yang hidup,” kata Vali Mahlouji, penasihat independen British Museum dan kurator yang berbasis di London.

“Hal ini tidak boleh direduksi menjadi momen bodoh dalam sejarah ketika kuil-kuil besar Romawi dibangun, dan kemudian melekatkan kisah tentang struktur batu yang epik dan menakjubkan tersebut.”

Baalbek bukanlah kota yang penting, jelasnya: Baalbek menjadi rumah bagi para dewa karena kondisi alamnya, termasuk Ras al-Ain, yang merupakan sumber air tawar yang melimpah. Air dari mata air Ain-Juj yang berjarak sembilan kilometer dialirkan ke Baalbek melalui kanal.

“Baalbek memerintahkan dua sumber besar yang mengalir ke sungai Litani dan Aassi, yang mengalir berlawanan arah di Bekaa.”

Pemukiman Pertama

Baalbek pertama kali dihuni sekitar 10.000 SM sebagai salah satu dari banyak tell (bahasa Arab untuk gundukan) di Bekaa, yang penuh dengan pemukiman prasejarah dan Neolitik.



Kuil Romawi, sebuah Situs Warisan Dunia Unesco, selesai dibangun antara abad kedua dan ketiga sebagai kompleks keagamaan besar yang dibangun di atas kuil Helenistik yang lebih tua. Empat kuil yang dikenal – Jupiter, Merkurius, Venue, dan Bacchus yang diambil dari nama dewa Romawi – adalah beberapa contoh arsitektur Romawi terbesar dan paling terpelihara.

“Semua kuil didirikan dari batu kapur yang digali di sekitar lokasi penambangan,” kata arkeolog dan peneliti proyek Margarete van Ess.

“Batu-batu untuk Kuil Jupiter tahap kedua sangat luar biasa karena ukurannya yang luar biasa. Untuk podium candi, batu dipotong sepanjang 20 meter dan tinggi empat meter, yang masing-masing [beratnya] sekitar 1.000 ton.

“Pengangkutan batu-batu tersebut ke candi menjadi alasan mengapa masyarakat mengagumi tempat suci ini. Trilithon, yang terdiri dari dua batu besar yang menopang batu ketiga, disebutkan sebagai fitur luar biasa dalam teks kuno. Saat ini, dimensi raksasa dari ansambel itulah yang paling menarik perhatian orang.”

Batu fondasi ini, khususnya yang berasal dari Trilithon, adalah salah satu misteri besar dunia kuno. Tidak diketahui bagaimana balok-balok berat ini – lebih dari 10 kali berat balok-balok yang membentuk Piramida Besar di Giza – diangkat ke tempatnya. Kemiringan gundukan yang menanjak menghalangi gerobak, tuas, dan katrol.



Ukuran dan berat batu yang sangat besar (para arkeolog baru-baru ini menemukan batu keempat, bahkan yang lebih besar terkubur di dekatnya) telah memunculkan beberapa legenda lokal yang menarik tentang asal-usulnya, termasuk bahwa batu tersebut digunakan oleh Sulaiman untuk istana Ratu Sheba; atau bahwa mereka dibiarkan tergeletak tidak terpakai karena banjir menurut Alkitab.

Majhloul berkata: “Bahkan masih ada balok-balok besar yang tergeletak seolah-olah akan digunakan - balok-balok yang telah disiapkan untuk fondasi podium baru di sekitar Kuil Yupiter… seperti proyek yang sedang berjalan dengan pecahan-pecahannya berserakan di sekitar kota.”

Ekspansi Kolonial

Pada abad ke-17, negara-negara Barat memulai ekspansi kolonialnya ke wilayah tersebut - dan kompleks Romawi di Baalbek sudah matang selama berabad-abad untuk diambil alih oleh kaum orientalis.

Dengan berkembangnya penelitian ilmiah dan arkeologi dari abad ke-17 hingga ke-19, orang-orang Eropa mulai mengklasifikasikan, melestarikan, dan akhirnya mengklaim situs tersebut sebagai milik mereka.

Penyair Inggris abad ke-17 Jon Donne menggambarkan situs ini dengan nada cemerlang: "Tidak ada reruntuhan kuno yang lebih menarik perhatian daripada reruntuhan Heliopolis, atau diukur dan dideskripsikan dengan lebih sering dan akurat."



Pertumbuhan ekonomi dan politik Eropa terjadi bersamaan dengan penurunan pesat kekuasaan Ottoman pada abad ke-19, jelas Mahlouji. “Orang-orang Eropa memperluas kepentingan mereka pada akar peradaban mereka sendiri, melampaui kejayaan Roma dan Yunani, ke tempat lahirnya peradaban, Mesopotamia, dan dengan demikian mengklaim akar mereka sendiri di luar Eropa .”

“Mereka [orang Eropa] menemukan bahasa-bahasa Indo-Eropa, yang terhubung dengan Asia, dan gagasan mereka tentang Eropa meluas ke bahasa Persia, Mesir , Fenisia,” jelas Mahlouji.

Ketika Eropa menikmati kejayaan, meromantisasi situs-situs tersebut, melakukan penggalian, mereka mulai mengklaim pengetahuan tentang ruang-ruang tersebut, di hadapan penduduk setempat yang tidak tahu apa-apa tentang apa yang mereka miliki, masa lalu mereka sendiri, dan hubungan mereka dengan apa pun.

Simbol Lebanon

Pada tahun 1920, Mandat Perancis menetapkan Bekaa secara resmi menjadi wilayah Lebanon dan kompleks Romawi yang megah menjadi lambang negara baru tersebut. Pilar-pilarnya muncul di perangko, uang kertas, dan kartu pos.

Pada tahun 1950an, simbol ini ditampilkan dalam poster film dan promosi pariwisata, namun penggunaannya sebagai simbol nasional mempunyai konsekuensi politik dan sosial.



“Saya memiliki kliping surat kabar yang mengatakan 'tempat yang tepat telah ditemukan untuk membangun kota baru dan mengusir penduduk Baalbek,'” kata Mahlouji. “Dikumpulkan seribu tanda tangan dari masyarakat Baalbek yang menyatakan setuju, tapi ada juga penolakan, akhirnya tidak jadi.”

Pada tahun 1956, dalam upaya untuk menjembatani kesenjangan tersebut, Festival Internasional Baalbeck lahir – sebuah festival budaya musim panas tahunan yang berlangsung hingga saat ini, yang dihadiri oleh Umm Kulthum, Nina Simone, dan Sting.

Menggabungkan latar belakang Kuil Bacchus dengan pertunjukan besar dari Eropa serta pertunjukan cerita rakyat Baalbeki, Lebanon menjadi penghubung antara Timur dan Barat.

“Festival ini adalah proyek abadi yang berupaya merebut kembali dan menghubungkan kembali kota ini dengan Heliopolis,” kata Mahlouji.

“Seolah-olah, 'kita memerlukan monumen itu untuk memahami hal-hal yang mensintesis segala sesuatu yang akan menjadi bangsa modern yang berakar pada zaman kuno,' namun semua itu memisahkannya dari tempatnya, mengapa negara itu dibangun, dan apa tujuannya. berarti bagi orang-orang yang tinggal di sana.”

Pada tahun 2019, kesenjangan antara kebutuhan situs kuno dan kebutuhan penduduk perkotaan modern masih ada, meski tidak terlalu terasa dibandingkan di masa lalu.



Bagian akhir pameran mengakui hal ini, menanyakan apakah semangat Baalbek terletak pada reruntuhannya atau pada penduduknya saat ini, yang telah tinggal di daerah tersebut selama beberapa generasi.

“Jika tidak ada yang menyuruhku pergi, aku tidak akan melakukannya. Saya rasa hal itu tidak ada hubungannya dengan kami,” kata Maen Mazloum, sopir kantor dari Baalbeck, tentang Heliopolis. “Penduduk Baalbek seharusnya diizinkan masuk secara gratis tetapi mereka mengenakan biaya 10,000 LBP (USD5,70) – ketiga anak saya masih kecil dan saya ingin membawa mereka tetapi jika kami semua pergi, kami akan dikenakan biaya 50,000 LBP (USSD33).”

Sambil menyeruput kopi di kafe pinggir jalan yang tidak jauh dari kompleks Romawi, Mazloum mengatakan bahwa meskipun biaya masuknya tidak terlalu mahal bagi wisatawan, ia secara pribadi merasa biaya tersebut terlalu mahal.

Pemerintah Lebanon telah berfokus pada Heliopolis, dengan menambahkan tempat parkir yang luas dan membuat situs tersebut lebih mudah diakses - tetapi hal itu mengorbankan atraksi kota lainnya.

“Lalu lintas di kota tua menjadi masalah,” kata Van Ess. “Jalan-jalannya sempit dan hingga hari ini belum ditemukan solusi yang meyakinkan untuk menyalurkan kendaraan yang masuk dengan cara yang tidak menambah kemacetan lalu lintas harian.”



Menyatukan Kota dan Situs

Mahlouji mengatakan bahwa ia tidak setuju dengan gagasan untuk menjaga monumen tersebut tetap abadi, sementara kota tersebut berkembang, terpisah, dan diabaikan – sebuah gagasan yang sering digaungkan oleh penduduk setempat.

“Yang perlu dilakukan adalah menghentikan pemisahan antara apa yang bersifat arkeologis, yang dikendalikan oleh Kementerian Pariwisata , dan kota yang hidup,” jelas Mahlouji. “Mereka membuat jalan yang lebih lebar menuju ke sana, memagari, dan membuat kota museum yang terpisah dari kota yang hidup.”

Mazloum setuju. “Pemerintah kota perlu melakukan sesuatu – membuat festival di dalam kota, mengizinkan orang untuk berjalan masuk dan pergi ke pasar; kami memiliki banyak pasar dan pedagang.”

Sebaliknya, bus-bus berhenti di tempat parkir dekat kuil. Para turis berkeliling, lalu pergi makan siang di Zahle yang terletak di dekatnya.

“Mereka seharusnya makan siang di Baalbek,” katanya. “Bayangkan betapa mereka akan membantu penduduk setempat – restoran, orang-orang yang menjual kalung, syal."

“Kuil itu untuk semua orang, tetapi itu ada dalam darah dan jiwa kami,” katanya. “Kami menyukainya tetapi kami tidak didorong untuk memasukinya atau menjadi bagian darinya.”

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)