Syahidnya Yahya Sinwar dan Kesalahan Strategis Militer Israel

Rabu, 23 Oktober 2024 - 16:58 WIB
loading...
A A A
Israel telah memperoleh inisiatif strategis pada pertengahan September melalui penggunaan taktik teroris, meledakkan ribuan perangkat komunikasi nirkabel di seluruh Lebanon.

Sementara bahan peledak, yang ditanam di dalam perangkat walkie-talkie dan pager, memang menimbulkan pukulan terhadap gerakan perlawanan Hizbullah, namun bahan peledak tersebut juga menyebabkan banyak sekali korban sipil, bahkan menewaskan wanita dan anak-anak.

Namun, serangan pager yang bahkan dicap sebagai terorisme oleh mantan direktur CIA Leon Panetta, berhasil menimbulkan luka psikologis tidak hanya pada Hizbullah tetapi juga masyarakat luas di Lebanon.

Setelah ini, Israel memutuskan untuk juga mulai membunuh pimpinan militer senior Hizbullah, dan pada tanggal 27 September, Sekretaris Jenderal partai Sayyed Hassan Nasrallah.

Namun, meskipun rezim Israel menimbulkan luka parah, melalui serangkaian kemenangan taktis, mereka tampaknya telah memainkan terlalu banyak kartu mereka terlalu cepat.

Ketika Sinwar tiba-tiba diumumkan tewas dalam pertempuran, pada awalnya tampak seolah-olah Tel Aviv memiliki kesempatan emas yang akan memberi mereka inisiatif strategis dan memungkinkan mereka untuk mengambil keuntungan.

Meskipun ada peluang, mereka kalah dalam pertempuran di depan publik dengan penanganan yang buruk terhadap propaganda seputar pembunuhan Sinwar. Namun, mereka masih bisa membatalkan kekalahan ini dengan agresi lebih lanjut yang akan menciptakan citra dominasi bagi mereka. Bahkan dalam hal ini, mereka gagal melakukannya.



Alih-alih melakukan lebih banyak pembunuhan tingkat tinggi, militer Israel mendapati dirinya tidak mampu bertindak dan menggunakan berbagai taktik yang membuatnya tampak begitu kuat secara regional pada bulan September.

Beralih ke pilihan terakhir mereka, mereka tampaknya justru menuntut harga dari penduduk sipil di Gaza utara, gagal memahami bahwa alih-alih memproyeksikan kekuatan, hal itu justru mengungkapkan bahwa militer dan lembaga intelijen Israel tidak memiliki pilihan nyata.

Tipu Daya

Kematian heroik Sinwar sebenarnya terjadi pada saat yang berhasil mengungkap banyaknya tipu daya yang sebenarnya dimiliki militer Israel, karena hal itu menunjukkan bahwa untuk meraih kemenangan taktis seperti yang dinikmatinya pada bulan September, dibutuhkan banyak kerja keras dan perencanaan.

Ini bukan operasi sehari-hari bagi Tel Aviv dan pemahaman ini telah menurunkan citranya sekali lagi.

Karena putus asa ingin memulihkan citra kekuasaannya yang sempat pulih, Israel akan dipaksa untuk mengambil tindakan yang lebih dramatis, tetapi dengan harga yang mahal.

Sementara pembunuhan para pemimpin Hamas dan Hizbullah tidak diragukan lagi merupakan kemenangan militer taktis, kini hal itu menampilkan diri mereka sebagai kesalahan militer strategis.



Pembunuhan tersebut membuktikan tanpa keraguan bahwa Hizbullah dan Hamas tidak akan jatuh melalui tindakan seperti itu, yang merupakan pesan bagi seluruh wilayah.

Selama lebih dari setahun, Sinwar berhasil menghindari deteksi AS dan Israel yang bekerja sama untuk menemukannya. Hal ini Menunjukkan kegagalan aliansi AS-Israel, ia terbunuh dalam pertempuran pada saat yang mengejutkan lawan-lawannya, dan mempermalukan mereka dalam hal ini.

Kemudian, untuk menambah luka Israel, Hizbullah melancarkan serangan pesawat nirawak yang berdampak langsung pada rumah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hanya beberapa hari kemudian.

Sementara pembunuhan Sayyed Nasrallah membuka luka di wilayah tersebut dan persepsinya terhadap Poros Perlawanan, kematian Sinwar dalam pertempuran berfungsi untuk menutup luka ini dan menjawab beberapa pertanyaan utama dari kedua belah pihak dalam perang regional yang sedang berlangsung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)