Inilah Golongan Orang yang Dikabulkan Doanya oleh Allah Ta'ala

loading...
Inilah Golongan Orang yang Dikabulkan Doanya oleh Allah Taala
allah Taala tidak akan mengabulkan doa orang yang setengah hati dalam berdoa atau doa yang menurut-Nya bukan yang terbaik bagi kita. Foto ilustrasi/ist
Allah Subhanahu wa ta'ala akan mengabulkan doa orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam memohon . Dia tidak akan mengabulkan doa orang yang setengah hati dalam berdoa atau doa yang menurut-Nya bukan yang terbaik bagi kita.

Namun, doa yang dikabulkan oleh Allah harus mengikuti aturan-aturan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dan para shahabat maupun yang dicetuskan oleh para ulama. (Baca juga : Hati-hati pada Dosa Besar yang Sering Diremehkan Ini! )

Dalam Al-Qur'an, Allah Ta'ala berfirman mengenai hukum berdoa kepada-Nya. Bagaimana ciri doa diijabah , bagaimana tanda doa yang akan terwujud. Firman Allah Ta'ala :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ



"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang bersikap sombong dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." - (QS. Ghafir: 60). (Baca juga : Perampok Lukai 2 Pegawai Desa, Bantuan Kemensos Rp135 Juta Raib )

Ayat tersebut memang tidak secara rinci menyebut tanda suatu doa dikabulkan oleh Allah SWT, namun pada ayat ini menjelaskan bahwa sebenarnya seorang manusia tidak memerlukan tanda atau ciri-ciri doa yang terkabul karena AllahTa'ala pasti akan mengabulkan doa orang yang beriman. (Baca juga : Mengenal Cara Berpakaian Ummul Mukminin )

Namun, Imam As-Syaukani dalam Tuhfat Ad-Dzakirin menjelaskan ada beberapa golongan yang doanya dikabulkan oleh Allah, di antaranya:

1. Orang yang sedang terdesak atau terjepit dalam menghadapi sebuah urusan yang genting

Hal ini sesuai firman Allah Ta'ala:
halaman ke-1
cover top ayah
رَبَّنَاۤ اِنَّنَا سَمِعۡنَا مُنَادِيًا يُّنَادِىۡ لِلۡاِيۡمَانِ اَنۡ اٰمِنُوۡا بِرَبِّكُمۡ فَاٰمَنَّا  ۖرَبَّنَا فَاغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوۡبَنَا وَكَفِّرۡ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الۡاَبۡرَارِ‌ۚ
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu,” maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.

(QS. Ali 'Imran:193)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!