Akhlak Para Istri Rasulullah yang Patut Diteladani (2)

Amal dan Perilakunya, Gambaran Ideal Perempuan Saleha

loading...
Amal dan Perilakunya, Gambaran Ideal Perempuan Saleha
Selain taat pada perintah agama, akhlak para istri Rasulullah juga sangat patut diteladani amal dan perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari. Foto ilustrasi/ist
Tak hanya dari sisi kepribadianyang patut diteladani dari sosok para istri Rasulullah, perilaku dan perbuatannya dalamkehidupan sehari-hari pun banyak yang harus dicontoh.

5. Mengenakan jilbab

Allah Subhanahu wa ta'ala menyuruh istri Rasulullah, putrinya, dan semua istri orang beriman agar berjilbab,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا



"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang. (QS. Al-Ahzab : 59)

(Baca juga :Potret Terbaik Pribadi Seorang Perempuan Muslimah)

Ibnu Jarir Ath-Thabari menceritakan bahwa Abu Shalih berkata, “Tatkala Rasulullah datang di Madinah sebelum turun ayat ini, istri Nabi SAW dan wanita mukminah malam hari keluar untuk menunaikan hajatnya, sedangkan di jalan banyak kaum pria yag duduk dan bermain-main suka mengganggu; maka turunlah ayat ini, wanita yang merdeka hendaknya berjilbab, agar tidak sama dengan wanita budak. “ (Jami’ul Bayanfi Tafsiril Qur’an)



6. Tidak memerdukan suara
halaman ke-1 dari 5
cover top ayah
رَبَّنَا اغۡفِرۡ لِىۡ وَلـِوَالِدَىَّ وَلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَوۡمَ يَقُوۡمُ الۡحِسَابُ
Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).

(QS. Ibrahim:41)
cover bottom ayah
preload video