Kumpulan Artikel: Akhlak Dan Nasehat

  • Bahaya Khalwat, Campur Baur yang Sering Disepelekan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 18:33 WIB
    Berkhalwat atau berduaan dengan orang yang bukan mahram, merupakan bentuk kemungkaran, dan di antara kesalahan fatal yang sering terjadi di sebagian rumah kaum muslimin adalah terjadinya ikhtilat (campur-baur) antara laki-laki dan wanita tersebut.
  • Adab Menasihati sesuai Tuntunan Rasulullah
    Tips
    Selasa, 26 September 2023 - 11:45 WIB
    Nasihat adalah perkara yang sangat agung bagi setiap muslim. Dalam nasihat ada makna yang tersirat di dalamnya. Karena itu, ada adab yang harus diperhatikan dalam memberi nasihat.
  • Memilih Waktu yang Tepat dalam Menasihati
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasehat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Disebut dalam hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi, agama itu adalah nasehat.
  • Pentingnya Memberi Nasehat Pasangan yang Berperilaku Buruk
    Muslimah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Memiliki pasangan yang berakhlak mulia menjadi dambaan semua keluarga. Suami dan istri bisa mengingatkan pasangan yang khilaf dengan saling memberi nasehat.
  • Bolehkah Mendoakan Keburukan Terhadap Orang Lain?
    Muslimah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 07:30 WIB
    Islam sangat melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Akan tetapi, khusus terhadap orang-orang yang dizalimi Allah Subhanahu wa taala membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Anjuran Saling Menasehati Sesama Muslim dalam Dalil-dalil Shahih
    Tips
    Rabu, 05 Januari 2022 - 15:45 WIB
    Agama Islam adalah agama nasehat, semua sendi dalam agama Islam adalah nasehat. Dan setiap kita dalam agama ini, akan senantiasa menasehati dan dinasehati.
  • Tiga Obat Jiwa Ibnu Masud
    Muslimah
    Kamis, 19 November 2020 - 10:00 WIB
    Saat hati kita sedang sakit, maka serahkanlah kepada Dzat yang bisa mengobatinya secara penuh. Karena hanya Allah Taala yang mampu membolak-balikkan hati kita
  • Nasihat yang Paling Baik Adalah Kematian
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 10:12 WIB
    Banyak tetangga kita, teman kita, orang lain yang dia meninggal dunia. Itulah nasihat buat kita agar kita bertaubat kepada Allah, agar kita kembali kepada Allah, agar kita melaksanakan tauhid menjauhkan syirik, melaksanakan sunnah dan menjauhkan bidah.
  • Penyakit Rendah Diri
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 09:00 WIB
    Sungguh kasihan orang-orang yang terjebak dalam cara berpikir salah, sehingga membuahkan suatu penyakit yang sangat merugikan dirinya. Lantas penyakit apakah itu?
  • Pentingnya Tafakuri Diri
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 07:24 WIB
    Manusia mudah sekali terpukau dengan keindahan alam. Sehingga menafakuri alam menjadi hal termudah untuk menemukan keagungan Allah Taala, Sang Pencipta Alam Semesta. Namun, manusia sering sekali lalai menafakuri penciptaan dirinya
  • Waspada dengan Virus Kejahilan
    Muslimah
    Rabu, 04 November 2020 - 07:33 WIB
    Ada banyak faktor yang bisa merusak dan mengganggu keistiqamahan seseorang. Faktor dari dalam diri dan faktor dari luar diri. Salah satu faktor dari dalam diri yang dapat merusak keistiqamahan adalah kejahilan.
  • Perbuatan Baik yang Bisa Diamalkan untuk Orang Tua yang Sudah Wafat
    Muslimah
    Senin, 02 November 2020 - 09:31 WIB
    Berbakti kepada orang tua menempati posisi yang tinggi di dalam Islam. Berbuat baik kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika mereka masih hidup akan tetapi juga setelah dia meninggal dunia.
  • Hikmah Dibalik Larangan Berbisik Antara Dua Orang ketika Sedang Bertiga
    Muslimah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:02 WIB
    Islam adalah agama yang sempurna , yang mengatur segala hal sampai pada hal-hal yang bahkan dianggap sepele, seperti adab makan, adab minum, dan lain-lain, termasuk di antaranya adab bergaul.
  • Nasihat untuk Muslimah di Zaman Penuh Fitnah
    Muslimah
    Rabu, 23 September 2020 - 19:20 WIB
    Godaan zaman ini banyak terfokus kepada perempuan. Banyak sekali perilaku-perilaku yang menjerumuskan para perempuan ke dalam hal-hal yang diharamkan.
  • Hidup Sangat Singkat,  Isilah  dengan Bekal untuk Perjalanan Panjang
    Muslimah
    Selasa, 22 September 2020 - 17:18 WIB
    Orang yang banyak kebaikannya, setiap kali dipanjangkan umurnya maka akan banyak pahalanya dan dilipatgandakan derajatnya. Maka bertambahnya umur akan bertambah pula pahala dan amalannya.
  • Umur, Sebuah Nikmat yang Akan Ditanya Tentangnya
    Muslimah
    Selasa, 22 September 2020 - 13:06 WIB
    Allah subhanahu wa taala menakdirkan bahwa umur umat Nabi Muhammada Shallallahu alaihi wa sallam, tidak sepanjang umur umat terdahulu. Yang demikian mengandung hikmah yang terkadang tidak diketahui oleh hambanya.
  • Inilah Nasib Orang yang Bakhil
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 19:00 WIB
    Bakhil adalah penyakit yang biasa menjangkiti sebagian kaum perempuan, sehingga tangannya merasa berat mengeluarkan harta untuk amal kebaikan. Namun untuk masalah dunia, baik itu yang mahal maupun murah, tangannya begitu dermawan.
  • Jadikan Anak Periwayat yang Baik Amalan Orang Tuanya
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 14:30 WIB
    Anak adalah anugerah dari Allah Subhanahu wa taala bagi para orang tua, ia adalah amanah dan menjadi perhiasan bagi mereka. Namun, anak juga bisa menjadi fitnah atau ujian, bahkan musuh, sangat bergantung pada proses pendidikan yang diterimanya.
  • Bila Hijrah Terhalang Masa Lalu, Apa yang Harus Dilakukan?
    Muslimah
    Minggu, 20 September 2020 - 08:33 WIB
    Setiap orang sudah pasti memiliki masa lalu. Entah masa lalu yang baik atau sebaliknya. Dan ketika memutuskan untuk berubah, terkadang masa lalu selalu membayang-bayangi serta menjadi penghambat. Tak terkecuali, ketika kita hendak berhijrah.
  • Inilah Balasan Bagi yang Pandai Bersyukur
    Muslimah
    Minggu, 20 September 2020 - 06:15 WIB
    Bersyukur atau syukur, banyak disebutkan dalam Al-Quran. Sebagai muslim kita diperintahkan untuk pandai bersyukur atas semua karunia dan nikmat yang telah Allah Taala berikan.