Inilah Obat Penyakit Hati Perempuan

Minggu, 06 September 2020 - 17:02 WIB
loading...
Inilah Obat Penyakit Hati Perempuan
Perempuan seringkali dijangkiti oleh hati yang keras dan berat dalam ketaatan. Namun hati yang keras itu memiliki obat yaitu dengan sering-sering membaca Al Qur’an. Foto ilustrasi/ist
A A A
Hati adalah tempat bersarangnya iman seseorang dan juga setan yang senantiasa mengganggu keimanan seseorang. Bisa dikatakan bahwa seorang manusia dapat dikatakan mulia atau tidaknya adalah dari hatinya.

Pada sebagian besar kaum perempuan, berbagai penyakit hati seperti misalnya kerasnya hati dan rasa berat menjalankan ketaatan . Mereka sering disibukkan dengan hal-hal duniawi dan perkara lainnya yang membuat banyak perempuan terfitnah agamanya.

(Baca juga : Haruskah Menunggu Hidayah Dulu untuk Berhijab ? )

Namun, tidaklah Allah Ta'ala menurunkan penyakit melainkan Allah juga menurunkan obatnya. Begitu pula dengan penyakit hati, sudah pasti ada obatnya. Untuk obat penyakit hati perempuan ini, berikut nasehat atau fatwa dari Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah. Beliau mengatakan, "Hati yang keras itu memiliki obat yaitu dengan sering-sering membaca Al Qur’an."

Dalilnya firman Allah Ta’ala,

لَوْ أَنْزَلْنَا هَذَا الْقُرْآنَ عَلَى جَبَلٍ لَرَأَيْتَهُ خَاشِعاً مُتَصَدِّعاً مِنْ خَشْيَةِ اللَّه

“Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah....” (QS Al Hasyr :21)

Sementara gunung seperti yang kita tahu isinya batu yang tuli kalau seandainya Al Qur’an diturunkan kepadanya ia akan tunduk dan terpecah belah. Demikian juga hati jika Al Qur’an sampai kepadanya dan seseorang membacanya dengan penuh penghayatan dan mencermati (maknanya) maka pasti akan berpengaruh di hatinya.

(Baca juga : Perempuan Ahli Surga Pandai Menjaga Lisannya )

Perhatikan firman Allah Ta’ala berikut:

إِنَّ فِي ذَلِكَ لَذِكْرَى لِمَنْ كَانَ لَهُ قَلْبٌ أَوْ أَلْقَى السَّمْعَ وَهُوَ شَهِيد

“Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai akal atau yang menggunakan pendengarannya, sedang dia menyaksikannya.” (QS. Qaf : 37)

Karena itu, obat hati yang keras, maka seorang perempuan muslimah diwajibkan membaca Al Qur’ an dengan tadabbur dan kekhusukan. Allah akan mengganti kerasnya hati dengan kelembutan dan kembali kepada Allah Ta’ala.

(Baca juga : Kapankah Perempuan Boleh Memakai Parfum? )

Bagi perempuan-perempuan yang disibukkan dengan duniawai seperti fashion sesunguhnya mereka telah merugi di dunia dan di akherat kecuali bila Allah menghendaki lain. Engkau akan terheran-heran dengan perempuan semacam ini yang sibuk dengan berbagai macam mode . Mereka membuat lelah diri mereka sendiri, suami-suami mereka, ayah-ayah mereka dan wali-wali mereka. Lalu harta yang mereka pakai ini lari kemana? Ya, masuk ke perusahaan perusahaan yang mendatangkan mode tersebut bahkan terkadang perusahan tersebut milik orang kafir. Itu artinya musuh kita mendapatkan untung dari harta kita.

Nasehat Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin kepada perempuan seperti itu dan para wali mereka, " Janganlah mengekor kepada mode yang tidak ada kebaikannya sedikitpun kecuali hanya akan menghambur-hamburkan waktu dan harta. Sementara perbuatan ini bisa berpengaruh kepada hati, memalingkan diri dari ketaatan kepada Allah. ( Al Liqa Ays Syahri)

(Baca juga : DPR Imbau Bakal Calon dan Simpatisan Sadar Protokol Kesehatan )

Obat Penyakit Hati Manusia

Sedangkan untuk setiap penyakit hati, ada beberapa obat penawarnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut obat penyakit hati manusia ini, di antaraya :

1. Mentauhidkan Allah
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)