Perempuan Ahli Surga Pandai Menjaga Lisannya

loading...
Perempuan Ahli Surga Pandai Menjaga Lisannya
Muslimah yang baik akan mengontrol lidahnya hanya untuk mengucapkan perkataan yang bernilai positif dan tidak menyinggung atau menyakiti. Foto ilustrasi/ist
Seorang muslimah harus menggunakan tata karma dan tutur kata yang baik. Jangan sampai bahasa lisan yang disampaikan menyakiti orang lain, ketus, nyelekit dan menimbulkan permusuhan. Akhlak yang baik akan mengeluarkan bahasa yang baik.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah mencontohkan kepada kita. Betapa lembut dan santunnya perkataan beliau. Sehingga masing-masing lawan bicaranya merasa dia yang paling dimuliakan Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam.

(Baca juga : Saudah binti Zam'ah : Sosok Keindahan dan Kesetiaan Seorang Istri )

Disarikan dari berbagai sumber, berikut beberapa adab atau cara berbicara muslimah:

1. Jangan terlalu banyak bicara

Seorang muslimah jangan terlalu banyak berceloteh yang tidak banyak manfaatnya. Jadikan ucapan yang disampaikan menjadi perkataan yang ringkas, jelas yang tidak bertele-tele yang dengannya akan memperpanjang pembicaraan .

Allah Ta’ala berfirman:

لا خير في كثير من نجواهم إلا من أمر بصدقة أو معروف أو إصلاح بين الناس ” (النساء: الآية 114).

“Dan tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian diantara manusia “. (An nisa:114)

(Baca juga : Agar Ketaatan Kepada Suami Terasa Ringan Dilakukan )
halaman ke-1
cover top ayah
لَاۤ اِكۡرَاهَ فِى الدِّيۡنِ‌ۙ قَد تَّبَيَّنَ الرُّشۡدُ مِنَ الۡغَىِّ‌ۚ فَمَنۡ يَّكۡفُرۡ بِالطَّاغُوۡتِ وَيُؤۡمِنۡۢ بِاللّٰهِ فَقَدِ اسۡتَمۡسَكَ بِالۡعُرۡوَةِ الۡوُثۡقٰى لَا انْفِصَامَ لَهَا‌‌ ؕ وَاللّٰهُ سَمِيۡعٌ عَلِيۡمٌ
Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

(QS. Al-Baqarah:256)
cover bottom ayah
preload video